Mulai Akhir Januari Berbisnis di RI Akan Lebih Mudah

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 29 Jan 2018 18:56 WIB
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Pemerintah selalu berupaya mempermudah para pengusaha untuk melakukan investasi. Sehingga, pada akhir Januari nanti berbisnis di Indonesia akan lebih mudah.

Pasalnya berdasarkan Peraturan Presiden nomor 91 tahun 2017 tentang pelaksanaan percepatan berusaha di akhir Januari akan terdapat pembentukan satgas provinsi dan kabupaten serta inventarisasi data kementerian/lembaga/provinsi.

Menurut Staf Khusus Menteri Koordinator Perekonomian, Edy Putra Irawadi hal tersebut ditargetkan selesai pada akhir Januari 2018. Sehingga pada akhir bulan nanti berbisnis di Indonesia akan lebih mudah.

"Nanti semua dewan atau pimpinan negara membuka gadget aplikasi ini data satgas ini sudah atau belum atau sudah masuk berapa persen melalui ini (online single submission)," katanya di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Ia memaparkan bahwa nantinya Presiden Joko Widodo sendiri yang melakukan pengawasan terhadap aturan tersebut. Sehingga aturan tersebut diharapkan dapat selesi tepat waktu.

"Ini soalnya Jokowi yang ngawas. Saya cuma diperintah. Kita pakai aplikasi semua jadi harus selesai akhir Januari terbentuk," sambungnya.

Lantas, untuk waktu yang hitungan hari tersebut dirinya menyerahkan semua kepada keputusan Jokowi sebagai pemimpin negara.

"Ini tinggal dua hari lagi tapi itu keputusan sama presiden," tutupnya (dna/dna)