Follow detikFinance
Kamis, 01 Feb 2018 22:05 WIB

Sri Mulyani Sentil Kemenhub Soal Korupsi, Ini Respons Menhub

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Mukhlis Dinilah/detikcom Foto: Mukhlis Dinilah/detikcom
Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyentil Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terbiasa dengan predikat korupsi. Lantas, bagaimana respons Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi?

"Ya saya pikir itu sebagai satu kritik. Tapi itu Insya Allah kita lakukan itu saya melakukan autokritik dan saya melakukan katakanlah upaya-upaya yang sistematis," ujar Budi Karya, usai hadir di acara Rapat Kerja Kementerian Perhubungan, di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Budi Karya mencontohkan operasi tangkap tangan yang pernah terjadi sebagai bentuk pemantauan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal itu pun menunjukkan transparansi yang terjadi di Kemenhub.


"OTT yang terjadi di Samarinda itu kita yang lakukan. Jadi kita sendiri yang melakukan itu. Meski itu jadinya, orang ketangkap, itu risikonya. Jadi bukan ditutup-tutupin, kami terbuka. Kami menugaskan tim-tim tertentu untuk penelusuran," terangnya.

Menhub optimistis dapat membuat perbaikan di Kemenhub. Dia mengucapkan terima kasih kepada Sri Mulyani atas kritik tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih atas catatan itu karena membuat kita semangat melakukan perbaikan. Oleh karenanya saya mengajak teman-teman, yang lama tinggalkan. Kita berbuat sesuatu yang baru, cara, pemikiran, dan integritas yang baru," kata Menhub.


Sementara itu, terkait penyerapan anggaran yang kecil, Budi mengaku hal itu terjadi karena alokasi anggaran yang baru diberikan di Oktober.

"Kalau penyerapan tahun 2016 itu kita hanya 74%. Tahun 2017 sudah 84% mengapa kita tidak bisa maksimal? Ada alokasi anggaran yang diberikan pada kami bulan Oktober, jadi penyerapan belum maksimal," imbuhnya.

Lantas untuk tahun ini, ia meminta kepada Kementerian Keuangan untuk memberikan anggaran pada awal tahun. Dengan begitu penyerapan dapat diprediksi akan lebih besar.

"Jadi tahun ini kami minta kepada Kemenkeu dropping anggaran itu awal tahun, tapi saya juga sampaikan pada sesi saya tahun ini 2018 ada improvement yang sangat signifikan," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed