Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Feb 2018 08:44 WIB

Ini yang Bikin Penjualan Pernak-pernik Imlek Kurang Bergairah

Lusinta Agustina - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sejumlah pedagang mengakui ada penurunan penjualan pernak-pernik imlek yang dirasakan dalam beberapa tahun terakhir. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi dan membuat penjualan pernak-pernik imlek tak seramai tahun-tahun sebelumnya.

Demikian diceritakan Elis Susiana pemilik Toko Ceria Uniq yang berada di bilangan Petak Sembilan, Pancoran, Jakarta Barat yang ditemui detikFinance, Kamis (1/2/2018).

Ia menceritakan, salah satu pemicu menurunnya penjualan adalah semakin banyaknya pemain baru yang juga menjual pernak-pernik imlek. Di sisi lain, pembelinya cenderung tak bertambah sehingga membuat persaingan makin ketat.

Di tokonya sendiri, Elis mengaku pengunjung didominasi langganannya yang biasa belanja skala besar. Namun untuk porsi penjualan eceran dirasakannya mulai ada penurunan.

"Pengunjung yang hadir ke sini untuk skala besar lumayan, tapi untuk skala kecil tidak terlalu banyak karena kan di depan sudah ada yang jual eceran," ungkapnya.


Ia menjelaskan skala besar itu seperti mendekorasi perusahaan, tempat ibadah. Untuk skala kecilnya seperti membeli secara eceran seperti menghias rumah.

Selain itu, masalah lain juga datang dari kelancaran pasokan barang.

"Tahun ini sedikit yang masuk. Barang yang sudah tidak ada. Apalagi adanya faktor yang pengaruhin. Pertama eceran dan barang sudah tidak ada. Ya kendalanya kesulitan untuk mendapatkan barang. Ini saja sekitar 60% masih stok lama," sebutnya.

(dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com