Follow detikFinance
Jumat 02 Feb 2018, 16:15 WIB

Pengusaha Minta Aturan Pajak e-Commerce Harus Fair

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Pengusaha Minta Aturan Pajak e-Commerce Harus Fair Foto: Putri Akmal
Jakarta - Pamerintah melalui Kementerian Perdagangan akan mengatur soal pajak e-commerce. Lantas, CEO Blibli Blibli Kusumo Martanto menilai bahwa aturan tersebut harus adil antara toko offline dan online.

Pemerintah sedang menyusun aturan pajak e-commerce. CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, mengatakan aturan pajak e-commerce harus ditetapkan secara adil.

"Saya pikir sih mengenai peraturan pajak ini semuanya harus fair. Baik offline dan online. Kan di dalam online ini macam-macam, melalui medsos, melalui marketplace platform itu bagaimana? Itu saja sih," katanya di Jakarta, Jumat (2/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Lebih lanjut, Kusumo menjelaskan setiap bisnis seharusnya membayar pajak sesaui dengan prinsip.

"Kita melihat, kan kita juga dari teman-teman media kita dapatkan rancangan, dan juga dari asosiasi juga. Sebetulnya, kalau mau berbisnis itu harus bayar pajak. kalau kita prinsipnya begitu," imbuhnya.


Namun, terkait aturannya, kata Kusuma ia belum mengetahui lebih jelas dan menilai aturan tersebut sebaiknya diberikan kelonggaran. Ia pun mempertanyakan soal pajak bagi perusahaan dari luar negeri.

"Mengenai aturannya seperti apa mungkin ada relaksasi, untuk UKM kita akan support. Kemudian yang menjadi pertanyaan buat kami, perusahaan yang tidak mempunyai badan usaha di Indonesia, jualan online, jualan dari luar negeri pajaknya bagaimana?" kata Kusumo. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed