Follow detikFinance
Jumat 02 Feb 2018, 18:02 WIB

Banyak Ritel Tutup, Pengusaha Online: Toko Fisik Masih Perlu

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Banyak Ritel Tutup, Pengusaha Online: Toko Fisik Masih Perlu Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Beberapa waktu belakangan banyak toko ritel memutuskan untuk gulung tikar, baru-baru ini adalah Clarks. Lantas, masih perlu kah ritel di tengah menjamurnya industri online?

Menurut CEO Blibli Kusumo Martanto toko ritel pada dasarnya masih di perlukan di tengah meningkatnya industri online. Sebab, kata Kusumo, ada beberapa hal yang tidak bisa didapatkan dari industri offline.

Ia memberi contoh, di mana saat belanja di toko ritel barang bisa langsung diperoleh. Berbeda dengan toko online yang membutuhkan waktu untuk memperoleh barang tersebut.

"Toko fisik itu masih perlu karena beberapa masih ada experience offline tidak bisa digantikan online. Begini kalau offline enggak perlu nunggu jadi barang langsung diambil. Kalau online kan nunggu," katanya di Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Lebih lanjut, Kusuma menilai bahwa tutupnya toko online tersebut bukan terjadi karena berkembangnya penjualan online. Melainkan keputusan dari sang pemilik toko itu sendiri.

Lantas, terkait kekurangan toko ritel dan online, Kusumo menilai bahwa salah satu kendala toko ritel adalah sulitnya memiliki tempat. Sedangkan kelebihan toko online yaitu memiliki data yang lengkap yang bisa disesuaikan selera.

"Kalau offline salah satu kendala tentunya space ya karena nggak bisa banyak dan kemudian service di online kita bisa tau yang beli sukanya apa itu kan ada datanya dan di offline lebih susah," tuturnya.

Ia pun berpikir bahwa sebenarnya bisnis harus toko ritel dan online perlu bersinergi. Sebab pada dasarnya toko ritel maupun online sama saja.

"Ya kan sebenarnya kita terjebak offline vs online. Saya juga menilai mungkin perlu dijelaskan kalau kami lihat customer kita maunya di offline ada di online saja. Jadi offline maupun online hanya medianya, yang penting bagaimana toko offline bisa memberikan experience yang bagus seperti online. Online juga bagaimana supaya experience-nya mirip supaya di offline bagus," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed