Follow detikFinance
Minggu 04 Feb 2018, 15:19 WIB

Harga Cabai Naik Gara-gara Masalah Klasik

Trio Hamdani - detikFinance
Harga Cabai Naik Gara-gara Masalah Klasik Foto: Uje Hartono/detikcom
Jakarta - Harga cabai belakangan ini naik turun. Pedagang di Pasar Jaya Cibubur, Jakarta Timur menyebut penyebabnya adalah masalah klasik yakni cuaca buruk. Cuaca yang kurang bersahabat menyebabkan panen cabai bermasalah. Harganya kini berkisar Rp 38 ribu hingga Rp 48 ribu per kg.

Pedagang sembako, Tulus beralasan kenaikan harga cabai karena cuaca sedang kurang bagus. Akibatnya cabai yang ditanam oleh petani rusak dan tidak bisa dijual. Hal itu membuat stok berkurang dan menyebabkan harga naik.

"Iya stok kurang. Biasanya kalau hujan (petani) enggak metik. Kalau hujan dia busuk, jadi rusak," kata dia ketika berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Minggu (4/2/2018).

Pedagang sembako lainnya, Sri juga memperkirakan penyebab naiknya harga cabai lantaran cuaca saat ini kurang mendukung untuk menjaga kualitas cabai yang masih dalam masa tanam.

"Kalau biasanya kalau hujan begitu di sananya udah susah (stoknya). Cabai kalau hujan gampang rontok, gampang busuk," paparnya.

Selain itu, kenaikan harga cabai juga bisa disebabkan oleh adanya kendala dalam proses pengiriman.

"Kendala pengiriman juga bisa, soalnya cabai, bawang, enggak bisa distok. Sehari-2 hari juga sudah susut, beratnya kurang," tambahnya.

Pedagang bernama Nur, menyatakan ketersediaan barang amat menentukan harga cabai di pasaran.

"Tergantung keadaan barangnya. Beda semenit saja beda harga di (pasar) induk. Kalau kita punya stok, orang lain enggak ada, udah dinaikan saja, orang kan mau enggak mau mesti beli," ujarnya.

Kondisi tersebut dinilainya memang karena cuacanya sedang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman cabai sehingga menyebabkan gagal panen. Pengiriman yang terhambat juga dinilainya berpengaruh.

"Mungkin pengaruh cuaca. Pengiriman telat juga bisa naik. Telat kirim saja kalau barang lagi kosong pada naik aja sudah," lengkapnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed