Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Feb 2018 12:00 WIB

Bahas Dana Babinsa, Sri Mulyani dan Panglima TNI ke Kantor Luhut

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Maikel Jefriando Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, siang ini merapat ke Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Hadi datang pada pukul 11.00 WIB bersama rombongannya, dan disusul oleh Sri Mulyani yang tiba 10 menit kemudian.

Berdasarkan agenda yang didapat detikFinance, Jakarta, Selasa (6/2/2018). Kedua pejabat negara tersebut mendatangi kantor Menteri Koordinator Luhut Pandjaitan untuk melakukan rapat mengenai alokasi dana Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Rapat dilakukan langsung di lantai 3 Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Babinsa TNI AD merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan paling langsung dengan masyarakat. Dia berada di bawah Komando Rayon Militer, bagian dari Komando Distrik Militer dan Komando Resor Militer, yang menginduk pada Komando Daerah Militer.

Menurut Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer.

Secara pokok, tugas-tugas mereka meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.

Hal ini meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya. Contoh aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD atau gabungan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com