Follow detikFinance
Selasa, 06 Feb 2018 12:56 WIB

Pasca Longsor, Kereta Bandara Soetta Masih Belum Beroperasi

Fadhly F Rachman - detikFinance
Foto: Eva Safitri Foto: Eva Safitri
Jakarta - PT Railink telah menghentikan sementara operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Langkah itu dilakukan setelah kejadian longsor tanah di underpass Perimeter Selatan jalur Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) - Batuceper akibat curah hujan yang tinggi.

Sampai hari ini, operasional juga masih belum dimulai kembali.

"Operasional kereta bandara dihentikan sementara," kata Humas PT Railink Diah Suryandari kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Longsoran ini juga berimbas pada jalur KA yang lokasinya terletak 5 meter dari titik longsoran tersebut. Akibatnya, terjadi gangguan pada tiga perjalanan KA Basoetta, yakni KA dengan nomor perjalanan 7157 yang tertahan di Stasiun Basoetta, KA 7156 dan KA 7160 yang tertahan di Stasiun Batuceper.

Diah mengatakan, perjalanan penumpang di jalur kereta tersebut dialihkan menggunakan moda transportasi lain. Untuk sementara, perjalanan kereta Bandara Soekarno-Hatta dibatalkan demi keselamatan & keamanan perjalanan, selama normalisasi daerah longsoran.

"PT Railink selaku operator perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta menyampaikan permohonan maaf atas kejadian longsoran yang mengakibatkan gangguan pada perjalanan KA ini," kata Diah.

Lebih lanjut Diah mengatakan, perjalanan KA Basoetta akan kembali normal jika lokasi sudah dinyatakan aman untuk dilintasi KA Bandara dan akan akan diinformasikan lebih lanjut.

"Masih belum tau (sampai kapan dihentikan). Ketika PT KAI, Waskita karya dan Virama karya menyatakan jalur aman untuk di lintasi," kata Diah.

Calon penumpang yang perjalanannya mengalami pembatalan dapat me-refund tiketnya dengan cara mengirim email ke info@railink.co.id dengan subject 'Refund KA Bandara Batal Berangkat', kemudian menyertakan data seagai berikut:
  1. Kode booking
  2. Jam keberangkatan
  3. Relasi keberangkatan
  4. Nomor telpon atau alamat email
  5. Nomor rekening dan bank,
  6. Atau dengan datang langsung ke stasiun dan menghubungi petugas di bagian informasi.
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed