Follow detikFinance
Rabu, 07 Feb 2018 17:12 WIB

Sektor Manufaktur Bisa Dongkrak Ekonomi RI di 2018

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) menyampaikan, ekonomi Indonesia bisa berlari lebih kencang di tahun 2018 karena masih banyak potensi investasi yang belum dimanfaatkan optimal di tahun sebelumnya.

Dalam kajian terkininya, tim ekonom Mandiri Group memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,3% pada tahun 2018 dengan pendorongnya adalah sektor manufaktur.

Sektor manufaktur, kata Tiko, juga dipandang sebagai sektor yang dapat mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan agar dapat memenuhi target 8% dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Secara umum, sektor manufaktur yang berkembang pesat akan menciptakan pertumbuhan yang lebih merata dan stabil, serta penyerapan tenaga kerja yang lebih besar," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Mandiri Invesment Forum 2018, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Berdasarkan kajian Bank Pembangunan Asia (ADB), ada dua hal yang bisa dijadikan strategi dalam mendorong industri manufaktur dalam negeri. Pertama, berusaha untuk membuat diversifikasi produk untuk menangkap celah pasar. Kedua, fokus pada sektor yang sudah ada dan mudah untuk dikembangkan seperti elektronik, kimia, mobil dan makanan.

Apalagi, dalam menjaga dan meningkatkan iklim investasi, pemerintah melakukan sejumlah kebijakan antara lain, melonggarkan batasan impor dan ekspor, mengurangi dwelling time, merevisi dan memperbaiki skema insentif pajak (tax allowance dan tax holiday).

Sementara itu, Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir optimistis peluang investasi di tahun politik masih terbuka lebar seiring dengan membaiknya data ekonomi makro Indonesia.

"Mandiri Sekuritas optimistis iklim investasi, termasuk pertumbuhan pasar modal, pada tahun ini akan lebih positif sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Silvano. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed