Follow detikFinance
Rabu 07 Feb 2018, 19:27 WIB

Belajar dari Vietnam, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Lewat Ekspor

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Belajar dari Vietnam, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Lewat Ekspor Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta - Ekonom yang juga Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, Indonesia bisa meniru negara tetangga seperti Vietnam yang bisa mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 7% di tahun 2017.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus mengatakan, salah satu yang dilakukan pemerintah vietnam adalah dengan menggenjot ekspor.

"Komponen penting untuk mencapai pertumbuhan tinggi dengan menggenjot perdagangan internasional. Mereka (negara lain) sangat mengandalkan sektor eksternal, perdagangan internasional sebagai mesin pertumbuhan ekonomi," tutur Heri di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).


Kontribusi ekspor terhadap PDB Vietnam sangat besar hingga 93%. Berbeda dengan Indonesia yang kontribusinya ke PDB hanya berada di level 20%. Bahkan, peringkat ekspor Vietnam berada di atas Indonesia dalam peringkat dunia.


"Vietnam 93% ekspor ke PDB mereka. Indonesia masih berkutat di 20%. Sangat berbeda yang dilakukan Vietnam. Dia kalau di ranking seluruh dunia 21, ASEAN peringkat 2. Kalau Indonesia peringkat 30 dunia dan 5 di ASEAN," ujar Heri.

Saat ini Guna mendongkrak kinerja ekspor, industrialisasi di Vietnam mendapat perhatian serius dan terpantau berkembang cukup baik dan mampu mengalahkan Indonesia yang dulu sempat unggul.

Peneliti INDEF, Andry Satrio Nugroho menambahkan, selain bisa meningkatkan volume produk nasional kehadiran industrialisasi juga bisa mendorong penciptaan lapangan kerja baru yang pada akhirnya bisa membantu upaya pemerintah mengatasi kemiskinan dan mengurangi pengangguran. Kehadiran industri, khususnya padat karya bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

"Dengan adanya industri multiplier effect bisa menyelesaikan permasalahan pembangunan, bisa menyerap tenaga kerja, kemiskinan turun," ujar Andry. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed