Follow detikFinance
Kamis 08 Feb 2018, 08:54 WIB

Susi Mulai Perombakan Pasar Ikan Muara Baru Siang Nanti

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Susi Mulai Perombakan Pasar Ikan Muara Baru Siang Nanti Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hari ini bakal meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (8/2/2018).

Dengan groundbreaking yang dilakukan Susi ini, nantinya Pasar Ikan Muara Baru bakal dibangun dan dikelola dengan modern serta terintegrasi. Rencananya, groundbreaking dilakukan siang ini.

"Iya siang (groundbreaking) Pasar ikan," ungkap Sekretaris Jendral KKP, Rifky Effendi Hardijanto, kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Pemerintah dalam hal ini KKP memang ingin mengembangkan Pelabuhan Muara Baru sebagai Pusat Perikanan Nasional (National Fish Centre/NFC). Rencananya, pelabuhan tersebut akan mengadopsi model Tsukiji Fish Market seperti di Jepang.

Pelabuhan perikanan Muara Baru memiliki langkah-langkah detail yang terbagi dalam beberapa tahap dan telah dibantu pemerintah Jepang untuk pengawasan pembangunannya.

[Gambas:Video 20detik]


Pembangunan Muara Baru sebagai pasar ikan modern yang bersih dan mudah dikelola memang memerlukan infrastruktur yang memadai. Hal ini akan membuat Muara Baru sebagai Tsukiji Fish Market-nya Jakarta lebih baik dibanding milik Jepang karena infrastrukturnya yang terintegrasi.

Sementara Muara Baru memiliki pelabuhan perikanan Nizam Zachman yang diproyeksikan terintegrasi menjadi pelabuhan perikanan, fish processing dan pasar ikan (pelelangan) dalam konteks lebih modern. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed