Follow detikFinance
Kamis 08 Feb 2018, 16:46 WIB

IKEA Bakal Buka Toko di Cakung

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
IKEA Bakal Buka Toko di Cakung Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno bertemu Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog/Foto: Muhammad Fida Ul Haq
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bertemu dengan Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog. Kedua pihak membahas sejumlah hal, di antaranya kerja sama pembangunan electronic road pricing (ERP), Dubes Swedia juga membahas pembangunan toko IKEA di Cakung, Jakarta Timur.

"Satu inisiasi dari perusahaan terbesar juga milik Swedia yaitu IKEA yang akan membuka toko keduanya di Jakarta. Dan mohon dukungan dari Pemerintah. Diharapkan toko IKEA tersebut bukan hanya bisa membangun distribusi bagi produk-produk IKEA yang cukup besar juga, produk-produk IKEA yang dari Indonesia," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

Sandiaga berharap dengan dibangunnya toko tersebut dapat menciptakan lapangan kerja baru. Dia berharap kerja sama tersebut dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.

"(IKEA) juga bisa menyediakan lapangan kerja tadi dihitung sekitar 700 yang terdampak langsung, yang tidak langsung bisa 1.200," sebut Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan Pemprov DKI akan mempermudah perizinan dalam pembangunan toko tersebut. Menurutnya, pembangunan toko akan membantu target masuknya investasi di Jakarta sebesar Rp 1.000 triliun di tahun ini.

"Kita memastikan proses izinnya itu cepat, sehingga mereka bisa langsung konstruksi," jelas Edy.

Edy mengatakan pembangunan toko IKEA akan dibangun pada tahun ini. Dia menuturkan Dubes Swedia akan bertemu kembali dengan Pemprov DKI untuk mematangkan hal tersebut.

"Mereka minta waktu ketemu dengan pak gubernur, mungkin dua-tiga bulan sudah bisa groundbreaking. Tadi sudah disampaikan. Mereka belum punya pengalaman di Jakarta dalam skala besar," paparnya. (fdu/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed