Follow detikFinance
Kamis 08 Feb 2018, 20:17 WIB

Susi Mau Bangun Pasar Ikan Modern di Bandung, Palembang, Surabaya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Susi Mau Bangun Pasar Ikan Modern di Bandung, Palembang, Surabaya Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Pasar Ikan Muara Baru di Penjaringan, Jakarta Utara mulai dirombak. Nantinya, pasar ikan itu direnovasi menjadi modern serta terintegrasi dan menjadi percontohan pasar lainnya.

Tak hanya di Jakarta, Susi juga ingin membangun pasar ikan modern di daerah lain. Pasar modern itu akan dibangun di Surabaya, Palembang, dan Kabupaten Bandung.

"Yang seukuran ini (Muara Baru), pasar ikan modern ya baru sekarang ini dibangun, nah kita akan bangun, Surabaya, Palembang, Bandung, kita isi sisir kota-kota besar," kata Susi saar groundbreaking di Penjaringan, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Susi bilang, dengan dibangunnya pasar ikan modern maka diharapkan bisa meningkatkan jumlah konsumsi ikan. Dia menargetkan konsumsi ikan per kapita mencapai 53 kg/tahun bisa dicapai. Saat ini konsumsi ikan masih 46,7 kg/tahun.

"Kalau kita dekatkan dan bersihkan, kita baguskan pasar ikannya, kita harapkan masyarakat akan lebih senang makan ikan. Kemudian meninggalkan daging sedikit demi sedikit, karena daging, satu mahal, kedua juga masih banyak impor, ketiga juga tidak sehat. Kalau ikan, ikan sendiri banyak, murah, lalu lebih sehat kolesterolnya. Jadi semua ikan lebih baik, makanya tinggal pasarnya kita perbanyak," jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Nilanto Perbowo, menambahkan saat ini pihaknya memang berencana untuk membangun pasar ikan modern di tiga daerah tersebut. Namun, yang sudah masuk dalam perhitungan anggaran KKP 2018 baru di daerah Bandung dan Palembang.


"Surabaya sekarang ini sedang dalam proses perencanaan tapi yang anggaran sudah ada di tahun 2018 itu Palembang dan Kabupaten Bandung. Bandung di Soreang, persis di luar pintu tol yang baru diresmikan," kata Nilanto.

Untuk saat ini, Nilanto masih belum bisa merinci secara detil rencana pembangunan pasar modern di daerah-daerah itu. Nilanto hanya mengatakan, untuk membangun banyak pasar ikan modern maka Pemda harus bisa menyediakan lahannya.

"Kesulitan kita, untuk katakanlah pasar ikan, pemerintah ingin memberikan percontohan, APBN kan memberikan percontohan, model. Kesulitannya adalah mendapatkan tanah dari Pemda," ujarnya.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed