Follow detikFinance
Kamis 08 Feb 2018, 17:30 WIB

Ada Aturan Baru Taksi Online, Begini Persiapan Organda

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ada Aturan Baru Taksi Online, Begini Persiapan Organda Foto: Tim Infografis-Fuad Hasim
Jakarta - Menyikapi dinamika industri transportasi yang semakin kompleks DPP Organda gelar Rapat Pimpinan guna mensinergikan sekaligus menyamakan presepsi pengurus di tingkat tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Acara yang digelar di hotel Millenium pada 7-8 Februari itu dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi.

Menhub Budi Karya Sumadi dalam sambutannya menegaskan dinamika industri transportasi saat ini semakin kompleks dengan hadirnya transportasi berbasis online.

"Organda sebagai wadah pengusaha (transportasi) harus dapat melakukan efisiensi agar tetap dapat bersaing," kata dia seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/2/2018).

"Kehadiran Pemerintah lewat PM 108 sebagai bentuk penyeimbangan semua stakeholder dalam industri transportasi darat," sambung Budi.

Dalam kesempatan yang sama Dirjen Perhubungan Darat, Irjen Pol Budi Setiaji berjanji dalam waktu dekat akan menindak tegas para pelanggar PM 108, mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten kota.

"PM 108 merupakan peraturan menteri yang bersifat nasional jadi aspek penertiban dan penindakan tidak bisa sektoral," ungkapnya didepan peserta Rapimnas.

Lebih lanjut Budi Setiaji menegaskan, mungkin peraturan ini tidak bisa seluruhnya memuaskan semua pihak.

"Kemenhub berdiri di tengah berusaha mengakomodir semua pihak, mengutamakan kepentingan masyarakat luas, kepentingan nasional dan juga kepentingan pengguna jasa dalam hal keselamatan, perlindungan konsumen, kesetaraan dan kesempatan berusaha." Tandasnya

Sementara dalam sambutan pembukaan Rapimnas Ketua Umum Organda Andre Djokosoetono menegaskan dalam Rapimnas akan membahas beberapa agenda, diantaranya pelaksanaan PM 108, program kerja 2018, keanggotaan dan RPP tentang ganti rugi.

Andre menegaskan dalam Rapimnas ini DPP Organda senantiasa berusaha memberikan pelayanan secara optimal kepada seluruh anggota.

Mulai penyediaan prasarana penunjang, kepastian berusaha, permodalan, keamanan hingga layanan advokasi bagi anggota Organda yang berkaitan dengan hukum dan perundang-undangan. Rapimnas merupakan upaya konsolidasi ditingkat DPD/DPC/DPU agar dapat terlibat langsung secara optimal dalam kegiatan kegiatan organisasi.

"Rapimnas ini diharapkan dapat melahirkan usulan usulan yang fokus, terprogram, terukur dan dapat dijadikan bagian kebijakan pemerintah dalam bidang penyelenggaraan transportasi," ungkap Andre dalam sambutannya

Masih dalam waktu yang sama Sekjen DPP Organda Aterng Aryono mengatakan bahwa upaya Rapimnas Organda merupakan bentuk konsolidasi internal dalam mengemban misi organisasi menjadikan ORGANDA sebagai organisasi profesi yang kuat, berakar dan diperhitungkan sehingga dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota dan fungsionaris. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed