Follow detikFinance
Senin, 12 Feb 2018 14:29 WIB

Cerita di Balik Penghargaan Menteri Terbaik Dunia untuk Sri Mulyani

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Istimewa/@smindrawati Foto: Istimewa/@smindrawati
Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Penghargaan tersebut diserahkan oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Sri Mulyani menceritakan, sebelum ia mendapatkan penghargaan tersebut, panitia World Government Summit memintanya untuk hadir di acara tersebut. Penghargaan yang didapatkan Sri Mulyani didapatkan dari hasil penilaian lembaga independen Ernst & Young.

"Saya diberi tahu oleh panitia World Goverment Summit, sekitar seminggu sebelumnya bahwa atas penilaian yang mereka lakukan dengan meng-hire Ernst & Young bahwa saya diminta untuk hadir karena akan mendapatkan award sebagai menteri terbaik di dunia," tutur Sri Mulyani di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2018).


Sri Mulyani mengatakan, ada 8 calon penerima penghargaan yang bersaing dengannya. Penilaian dari lembaga independen tersebut juga didapatkan dari berbagai sumber.

"Jadi dalam hal ini pencarian dari semua menteri, ada 8 menteri yang di-nominate. Dari 8 tayang di-nominate mereka mendapatkan feedback seluruh dunia, swasta, media massa, media sosial, investor, laporan-laporan yang kemudian ditentukan," kata Sri Mulyani.


Sri Mulyani juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena memberikan ruang kepadanya untuk berkarya dengan maksimal.

"Tentu secara pribadi berterima kasih karena Presiden Jokowi memberikan space yang besar bagi kita semua untuk berkiprah secara maksimal, leadership dari Bapak Presiden terhadap komitmen terhadap reform membuat kita lebih fokus untuk menjalankan hal-hal yang sangat fundamental penting jadi itu yang dilihat," ujar Sri Mulyani.

[Gambas:Video 20detik]


Penghargaan yang didapatkannya juga merupakan hasil kerja keras bersama. Dengan demikian, penghargaan ini bisa menjadi motivasinya ke depan.

"Jadi ini adalah hasil kerja reform bersama, kebetulan saja nama saya yang muncul, dan tentu yang bangga anak buah di Kementerian Keuangan. Itu saya harap memotivasi buat APBN menjadi lebih baik, keuangan negara lebih berguna dan berfungsi bagi masyarakat dan ekonomi," tutur Sri Mulyani. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed