Follow detikFinance
Selasa, 13 Feb 2018 17:29 WIB

Ini Saran KEIN Agar Pertumbuhan RI Tumbuh 7%

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Wakil Ketua KEIN Arief Budimanta (Foto: Raras Prawitaningrum) Foto: Wakil Ketua KEIN Arief Budimanta (Foto: Raras Prawitaningrum)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memulai pemerintahannya menargetkan pertumbuhan ekonomi di 2019 sebesar 7%. Target itu terbilang cukup ambisius jika melihat pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih di sekitar 5%.

Namun, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menilai target itu bukan hal yang mustahil untuk dicapai. Ada beberapa langkah yang dinilai KEIN bisa mendorong pertumbuhan mencapai 7% dan berkualitas.

"Kalau kita ingin tumbuh 7% yang dihela dua komponen utama yang diinginkan oleh presiden, yaitu investasi dan ekspor. Nah investasi dan ekspor seperti apa yang kemudian bisa internalisasi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang ada pada saat ini," kata Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta di kantornya, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Arif mengatakan, investasi dan ekspor harus terus didorong untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, investasi dan ekspor juga harus bisa mendorong daya saing produk Indonesia jadi lebih berkualitas.

"Sehingga kemudian serbuan impor terhadap barang-barang yang diproduksi dari dalam negeri sendiri juga dapat dieliminasi. Karena produk yang kita hasilkan secara kualitas, harga, itu sama baiknya dengan yang diimpor," kata Arif.

Selain itu, Arif menambahkan, investasi dan ekspor juga harus mendorong peningkatan lapangan kerja. Bila investasi serta ekspor bisa mendorong peningkatan lapangan kerja, otomatis ekonomi ikut bertumbuh dengan baik. Artinya, investasi dan ekspor yang digenjot harus berdampak langsung ke masyarakat.

"Jadi itu yang paling penting. Jadi angka pertumbuhan harus sejalan dengan angka penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih besar. Sehingga kita tumbuh berkualitas," tuturnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed