Follow detikFinance
Kamis, 15 Feb 2018 16:53 WIB

Wacana Bayar TransJakarta dan KRL Pakai Satu Kartu Kelar Tahun Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana mengintegrasi satu kartu transportasi. Rencana ini ditargetkan terealisasi pada tahun ini.

Kasubdit Perencana Program BPTJ, Tonny Agus Setiono mengatakan konsorsium kartu integrasi transportasi tersebut sedang dalam proses. Ia memperkirakan akan terealisasi pada tahun ini.

"Sedang kita buat ya mungkin dalam tahun ini sudah terealisasi," ungkapnya usai seminar Masyarakat Transportasi Indonesia di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Tonny memaparkan integrasi kartu transportasi tersebut melibatkan dua pihak, yakni BUMN dan BUMD dengan total enam anggota.

"Melibatkan dua, BUMN dan BUMD. BUMN ada KCI, PPD, DAMRI. BUMD kan ada MRT Jakarta, LRT JAKPRO, TRANS Jakarta," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Tonny pada dasarnya penggunaan satu kartu tersebut sudah berjalan pada beberapa moda transportasi. Namun, ia menyebutkan kartu tersebut belum tersedia pada Kereta Rel Listrik (KRL) yang dikelola oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

"Sebenarnya kan sudah kalau untuk satu kartu untuk semua. Cuma kan masalahnya yang KCI kan belum, KMT (kartu multi trip) KCI kan belum bisa ditapping di Trans Jakarta," ungkapnya.

Ia pun berharap KMT bisa segera digunakan di moda transportasi yang lain. "Mungkin secepatnya," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed