Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Feb 2018 07:16 WIB

Indonesia Segera Punya Pasar Ikan Modern di Muara Baru

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Indonesia akan memiliki pasar ikan modern. Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah melakukan pembangunan Pasar Ikan Muara Baru Jakarta Utara dengan konsep pasar ikan modern.

Direktur Utama Perum Ikan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda menjelaskan, pembangunan pasar ikan modern tersebut dilakukan di lahan yang lokasinya tepat bersebelahan dengan Pasar Ikan Muara Baru yang saat ini sudah ada dan dikelola perseroan.

"Pembangunannya dilakukan di atas lahan 2 ha. Lokasinya tepat bersebelahan dengan pasar eksisting yang sudah kami kelola saat ini," kata dia saat berbincang santai dengan detikFinance akhir pekan lalu.

Pembangunan pasar ikan ini merupakan program pemerintah lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pembangunannya dipercayakan kepada PT PP selaku pelaksana konstruksinya dan begitu rampung pembangunannya, pasar ini akan dikelola oleh Perum Perindo.

Bentuknya berupa bangunan dua lantai dengan berbagai fasilitas dari mulai pelelangan ikan, area pasar yang bersih dan rapi, pusat kuliner dan lainnya. Kesan pasar ikan yang becek dan jorok pun akan diubah menjadi lebih rapih dan higienis.

"Nantinya di pasar ikan ini akan terdiri dari dua lantai, lantai bawah untuk pasar basah, ikan-ikan segar di sana. Ada juga ikan yang sudah diolah, sudah di-fillet. Kemudian di atas ada pusat kuliner. Jadi yang habis belanja di bawah, kalau lapar bisa ke atas. Atau ikan yang sudah dibeli sekallan dimasak di atas. Jadi one stop," tutur dia.

Dengan adanya pasar ikan ini, diharapkan minat masyarakat untuk membeli dan mengkonsumsi ikan lebih meningkat. Selain itu, diharapkan bisa memperbaiki nilai jual ikan segar di dalam negeri.

"Goal utamanya. Tujuannya, agar nilai dari produk perikanan ini naik kelas ya. Kami kan di Perindo sudah mengelola pasar ikan yang sekarang dan memang belum yang modern lah ya, ada sekitar 900 tenan disana jadi kan itu lokasinya bersebelahan," papar dia.

Selain itu, Risyanto menjelaskan, keberadaan pasar ikan modern ini diharapkan bisa meningkatkan volume penjualannya ikan nasional.


"Nanti akan ada culinary jadi volume perdagangannya akan meningkat. Jadi harapannya itu dengan dibangunnya pasar ikan modern itu. Dan ini akan menjadi role model karena ini kan baru pertama di Indonesia. Ya nanti kalau ini bagus nanti Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mengembangkan lagi di sentra sentra perikanan yang lain," jelasnya.

Proses groundbreaking pasar ikan modern ini sudah dilakukan oleh Menteri KKP Susi Pudjiastuti bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 8 Februari lalu. Hasil dari pembangunan Pasar Muara Baru nantinya secara keseluruhan akan menampung para pedagang yang sudah lama berjualan.

"Jadi pelakunya sudah eksisting. Yang sekarang menyewa di perum Perindo. Nah harapannya adalah dengan membuat pasar lebih bersih higienis dan tertata dengan baik nanti pelaku di sini akan pindah ke sini kemudian nilai produk perikanannya pun akan meningkat," ujarnya.

(dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed