Follow detikFinance
Senin, 19 Feb 2018 09:04 WIB

Bakal Kelola Pasar Ikan Modern, Dirut Perindo Belajar Sampai ke Jepang dan Korea

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Perum Ikan Indonesia (Perindo) diamanatkan mengelola pasar ikan modern di Muara Baru yang saat ini sedang dibangun pemerintah lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan. Demi mengoptimalkan pelayanan nanti, Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda sampai harus melakukan studi banding ke Pasar Ikan Tsukiji hingga Pasar Ikan Garak-Dong.

"Karena kan kami ini saat ini kami sudah mengelola pasar ini. Meskipun belum yang modern kami sudah sejak 2 tahun lalu sudah visit Tsukiji yang di Jepang. Kemudian saya bulan lalu baru pulang dari Garak-Dong (Songpa-gu, Seoul, Korea Selatan)," kata dia saat berbincang dengan detikFinance akhir pekan lalu.

Dalam studinya, lanjut Risyanto, perum perindo mempelajari tata kelola pasar ikan secara modern, alur keluar masuk barang dari mulai area bongkar muat, pelelangan ikan, distribusi ikan ke masing-masing kios, hingga ke penyimpanan menggunakan freezer raksasa.

"Semua kami pelajari. Karena percuma kalau gedungnya modern tapi pengelolaannya nggak modern. Jadi kami benchmarking ke negara-negara yang sudah punya pasar ikan itu seperti Tsukiji.


Gedung yang akan dibangun di atas lahan seluas dua hektar ini akan memiliki dua lantai dan terbagi dalam beberapa area. Terdiri dari pasar basah, kering sampai lantai wisata kuliner seafood.

"Nanti di samping-sampingnya ada supporting itu ada gudang untuk storage kemudian tadi ada bahan baku kemudian ada cold storage juga kemudian ada berbagai macam tuh di sebelahnya. Nah mungkin akan ada tambahan dari tanah kami sendiri itu untuk moving container, karena kan nanti akan masuk container-container. Keluar masuk nah itu butuh movement itu nanti akan ada tambahan dari tanah kami itu," jelasnya.

Dengan adanya pasar ikan modern, diharapkan produk perikanan RI bisa naik kelas sehingga volume dan nilai penjualan ikan bisa meningkat.

(dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed