Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Feb 2018 11:23 WIB

Mahasiswa S3 Demo soal Beasiswa di Kantor Sri Mulyani

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Kantor Kementerian Keuangan RI didatangi oleh puluhan mahasiswa doktoral dari sejumlah universitas. Mereka berdemo dan melakukan orasi di depan gerbang Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Dari pantauan detikFinance, orasi dilakukan pukul 10.00 WIB. Diawali dengan 4 orang mahasiswa menggunakan almamater universitas seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan universitas lain. Kemudian disusul dua bus pariwisata yang membawa puluhan mahasiswa.

Pihak kepolisian mengamankan pintu gerbang Kemenkeu dengan berjajar membuat pagar betis. Mahasiswa calon doktor ini membawa sejumlah spanduk yang berisi tuntutan soal beasiswa.

Perwakilan mahasiswa dari Universitas Negeri Malang dalam orasinya menjelaskan saat ini biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) program doktoral sangat mahal yakni sekitar Rp 10 juta per semester.

"SPP sangat mahal, sedangkan kami hanya dosen yang sedang mengambil program doktor dengan gaji yang tidak besar. Bagaimana kami membayar," ujar dia di depan Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Mahasiswa program doktor ini juga menuntut beasiswa on going untuk dikembalikan. Beasiswa on going adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah untuk mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan.

"Kami minta beasiswa on going dikembalikan, on going harga mati," ujarnya.

Selain itu, perwakilan mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyampaikan bahwa beberapa hari sebelumnya Menteri Keuangan RI mendapatkan penghargaan namun masih banyak ketimpangan dan persoalan di Indonesia.

Karena itu mahasiswa tersebut menuntut agar beasiswa on going diadakan kembali untuk memfasilitasi pendidikan S3 mereka.

Sudah ada perwakilan mahasiswa yang bertemu dengan Kementerian Keuangan. Setelah itu, mahasiswa akan menuju kantor Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi di kawasan Senayan.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed