Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Feb 2018 13:09 WIB

Konstruksi Pasar Ikan Modern Muara Baru Ditarget Rampung Akhir 2018

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Direktur Utama Perum Ikan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda, Foto: Selfie Miftahul Jannah Direktur Utama Perum Ikan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda, Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Groundbreaking pasar ikan modern Muara Baru sudah dilakukan oleh Menteri KKP Susi Pudjiastuti bersama Gubernur Anies Baswedan pada 8 Februari lalu. Perombakan tersebut ditargetkan rampung pada akhir Desember 2018.

Direktur Utama Perum Ikan Indonesia (Perindo) yang nantinya akan menjadi pihak pengelola Pasar Ikan Muara Baru Risyanto Suanda menjelaskan, proses pembangunan dilakukan dengan cepat karena sebelumnya pemerintah sudah melakukan proses pembersihan lahan.

"Kalau kemarin pas groundbreaking saya mendengar itu akan (selesai) di akhir Desember tahun ini ya, kan penggarapannya sudah mulai dari tahun lalu dari mulai pembersihan lahan dan lain-lain. Jadi akhir tahun ini akan selesai," kata dia kepada detikFinance, Kamis (15/2/2018).


Risyanto mengungkapkan kepastian penyelesaiannya di tahun ini karena, yang menggarap konstruksi secara keseluruhan Pasar Ikan Modern Muara baru adalah Perusahaan BUMN, yaitu PT PP (Persero).

"PT PP kan cukup berpengalaman kan untuk membangun mereka merupakan perusahaan kontraktor besar BUMN juga mestinya kan mereka (pemerintah) pasti juga mereka sudah yang terbaik. Kalau kami melihat hari ini sih dengan desain dan perencanaan dari KKP yang matang kontraktornya juga bagus bonafide mestinya bisa ya tepat waktu," ujarnya.


Selain dibuat menjadi pasar ikan yang lebih higienis dan modern, Pasar Ikan Muara Baru juga dikonsep untuk menjadi tujuan wisata baru di Jakarta. Dengan daya tarik wisata bahari dan juga wisata kuliner seafood.

"Terus kan waktu peresmian juga kan ada Pak Anies juga, Pak Anis berharap kan ini menjadi salah satu daya tarik baru di Jakarta. Kalau orang kan sekarang apa apapun bisa dijadikan tourism, dulu kan orang ke pabrik itu buat apa. Tapi kan sekarang orang ke pabrik membuat sebuah tourism orang yang ingin mengunjungi pabrik itu kan kayak pabrik keju ini kan bisa menjadi hal baru di Jakarta. Kan orang datang lihat nanti akan ada banyak berbagai jenis ikan, terus laper bisa makan juga terus sekalian bisa dilihat juga kapal tangkap ikan di Muara Baru. Kapal kapal ikan di kami kapal setiap hari rata rata ada sekitar 600 kapal itu," jelasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed