Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Feb 2018 12:53 WIB

Gubernur BI Beri Kuliah Umum di Perbanas Institute

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo hari ini dijadwalkan memberikan kuliah umum pada acara Dies Natalis ke 49 Perbanas Institute.

Dalam kuliah umum Agus akan menyampaikan terkait prospek industri keuangan perbankan dan tantangan kesiapan sumber daya manusia dalam menghadapi ekonomi digital.

Dari pantauan detikFinance, Agus hadir pukul 10.00 WIB dan acara dimulai pada 11.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh, Ketua Yayasan pendidikan Perbanas. Rektor Perbanas Institute, Wakil Rektor, pejabat bank anggota perbanas, Direktur Digital dan Teknologi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, Direktur Utama Bank Ina Perdana Edy Kuntardjo, Direktur Utama MNC Bank Benny Purnomo, hingga mahasiswa Perbanas Institute.

Agus menjelaskan, perbankan nasional membutuhkan perhatian dari seluruh lapisan mulai dari regulator maupun pelaku industri.

Kondisi perbankan saat ini dinilai baik tercermin dari rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) pada Desember 2017 tercatat 2,6% secara gross dan 1,7% secara net.

"Januari memang meningkat sedikit, ini perlu diperhatikan, tapi masih di bawah 3%. Kami sampaikan stabilitas sistem keuangan baik rasio modal masih cukup yakni di 23%," ujar Agus dalam acara kuliah umum di Perbanas Institute, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Perbankan juga harus cepat menyelesaikan konsolidasi. Hal ini untuk mendorong pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga (DPK) di industri.

Menurut Agus, saat ini korporasi masih dalam tahap konsolidasi.. Karena beberapa tahun sebelumnya terlena dengan melonjaknya harga komoditi sehingga bermasalah dalam pembayaran kredit.

"Korporasi juga harus segera menyelesaikan konsolidasi agar bisa berekspansi," ujar dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed