Rizal Ramli hingga Din Syamsudin Kumpul Bahas Ketimpangan Ekonomi

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Kamis, 22 Feb 2018 15:43 WIB
Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Para ekonom berkumpul membahas sistem ekonomi berkeadilan dan ketimpangan. Pembahasan ini dilakukan di depan sekitar 80 orang yang berasal dari instansi pendidikan hingga politik.

Para ekonom tersebut yaitu Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati, Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Ichsanuddin Noorsy dan Perwakilan Bekraf Arif Budiman.

Selain itu, hadir juga pembicara lain seperti Ketua Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsudin, dan Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta.

Berdasarkan agenda mereka membahas sistem ekonomi berkeadilan untuk mengurangi ketimpangan.

Ketua Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsudin menilai bahwa pembagian dan persebaran aset Indonesia tidak merata. Sehingga hal ini dinilai membuat adanya ketimpangan sosial.

"Pembagian dan persebaran aset nasional yang tidak merata dan saya rasa Indonesia tidak hanya lampu kuning tapi lampu merah akibat tingginya gini indeks terakhir 0,393," katanya di Sekretariat Pergerakan Indonesia Maju (PIM) di Jalan Brawijaya VIII, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Hal itu lah yang ia nilai sebagai dasar perlunya diskusi untuk mendapatkan solusi dalam mengurangi kesenjangan. Sebab ia mengatakan masalah tersebut merupakan beban bersama.

"Ini adalah masalah kita bersama dan bagaimana kita bersama-sama mengatasinya," pungkasnya. (zlf/zlf)