CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 23 Feb 2018 18:24 WIB

Pengunjung Lapak Tengah Jalan Sepi, Omzet PKL Tanah Abang Turun

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Tidak seperti kepadatan yang terjadi di jalan Jati Baru pada tiga bulan lalu. PKL Pasar Tanah Abang tampak sepi pembeli, hanya beberapa kelompok ibu-ibu yang tengah sibuk menawar sebuah pakaian di salah satu lapak. Beberapa lagi hanya lewat sambil membawa beberapa bungkus kresek belanjaan.

Hal ini ternyata berdampak pada omzet pedagang yang menurun. Salah satu pedagang yang berjualan baju blous dan celana kulot wanita Aidil menjelaskan, omzetnya tidak seperti di awal berjualan. Saat ini dirinya mendapat omzet hanya Rp 1 juta/ hari dari bulan pertama berjualan Aidil bisa mendapat omzet sampai Rp 3,5 juta/ hari

"Nggak seperti awal-awal memang tapi tetap ramai, hari ini dapat Rp 1 jutaan," katanya kepada detikFinance, Jumat (23/2/2018).


Aidil mengaku di bulan ini dirinya mulai men-stok kebutuhan berjualan jelang Ramadan dan Lebaran. Mengenai omzetnya yang saat ini turun, Aidil mengaku hal ini kerap kali terjadi jika menjelang akhir bulan.

"Mau akhir bulan kali ya. Baru besok ramainya. Tapi kalau dibandingin Sabtu Minggu di tiga bulan lalu yang lebih ramai saat awal pas bulan pertama berjualan. Ke sini-sini biasa aja malah turun," paparnya.

Satu pedagang PKL pasar Tanah Abang lainnya, Armand menjelaskan, sampai saat ini dirinya sudah berjualan selama tiga bulan. Di bulan bulan awal pendapatannya per hari bisa mencapai Rp 1 juta/ hari namun hari ini dia hanya bisa menjual beberapa celana training saja dengan pendapatan Rp 170.000.

"Memang ini ramainya di awal awal aja, sekarang tuh lihat cuma terjual berapa, barang masih numpuk," katanya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed