Follow detikFinance
Sabtu, 24 Feb 2018 17:35 WIB

Begini Cara Rini Bikin Produk UMKM Naik Kelas

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Iin Yumiyanti Foto: Iin Yumiyanti
Yogyakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memiliki cara khusus agar produk UMKM bisa naik kelas. Rini menginisiasi pembangunan Rumah Kreatif BUMN (RKB) besama beberapa BUMN.

Di Rumah Kreatif tersebut, para pelaku UMKM bisa mengembangkan bisnisnya dengan segala fasilitas yang ada. Bahkan Rini menyebutkan ada pelaku UMKM yang omzetnya meningkat signifikan setelah bergabung.

"Yang tadinya mereka jualan Rp 2 juta sekarang sudah bisa Rp 20 juta," ujar Rini saat berbincang dengan pimpinan media massa di Yogyakarta, Sabtu (24/2/2018).


Rini menambahkan, di dalam RKB tersedia beberapa fasilitas pendukung untuk mengembangkan bisnis pelaku UMKM, antara lain sambungan internet, laptop, hingga ruangan kerja bersama yang bisa digunakan anak-anak muda yang tertarik mengembangkan bisnisnya.

Berbagai pelaku UMKM pun ramai memadati RKB setiap harinya dan mengikuti kelas yang diselenggarakan untuk mengembangkan bisnis.

"Programnya RKB dan co-working space kasih tempat anak-anak muda bisa pakai lab utk wifi. Terus ada laptop segala macam sehingga itu membantu," ujar Rini.

Pembinaan kepada pelaku UMKM mampu meningkatkan omzet mereka. Sehingga UMKM bisa naik kelas.

"Pembinaan meningkatkan kenaikan kelas UMKM," kata Rini. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed