Follow detikFinance
Minggu, 25 Feb 2018 16:32 WIB

Tak Hanya Online, Driver Taksi Konvensional Juga Bisa Bikin SIM A Kolektif

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, program pembuatan SIM A Umum murah tidak hanya untuk sopir (driver) online. Namun, juga untuk driver konvensional.

Demikian disampaikan Budi Karya saat meninjau pembuatan SIM A Umum murah di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

"Sekarang ada, tadi beberapa ada yang ikut (konvensional). Memang dari awal tidak membatasi online, jadi taksi online dan konvensional boleh," kata dia di GBK Jakarta, Minggu (25/2/2018).


Terkait pembuatan SIM A Umum ini, Budi Karya mengatakan, para driver dikenakan biaya Rp 100 ribu. Dia melanjutkan, untuk di GBK pembuatan SIM dialokasikan untuk 600 driver.

"Hari ini kita alokasi 600. Tapi jujur memang ada yang mendaftarkan, belum daftar sebelumnya kita akan buat pada tahap 2. Mereka yang berminat membuat SIM kita habiskan semua," paparnya.


Menurut Budi Karya, pembuatan SIM massal ini untuk meringankan beban para driver. Di samping itu, pembuatan SIM penting lantaran di dalamnya mencakup aspek keamanan.

" Harapannya, driver taksi ini legal, memiliki license yang memang bagian keharusan dari safety. Kemenhub bersama Polri akan melakukan di seluruh Indonesia," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed