Follow detikFinance
Senin, 26 Feb 2018 13:12 WIB

Bukan Hanya Cabai, Harga Bawang Putih Juga Naik

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Tak hanya cabai rawit merah yang jadi mahal. Harga rempah jenis bawang putih pun ikut naik. Saat ini harganya menebus angka Rp 45 ribu/kg.

Kenaikan tersebut dirasakan beberapa pedagang di Pasar Rawasari Jakarta Timur. Salah satunya yaitu Pedagang Sayur Suminta yang mengaku kenaikan harga bawang putih terjadi saat menjelang imlek beberapa minggu lalu.

"Bawang putih mah ganti harga bukan naik. Karena bulan lalu itu masih Rp 25 ribu/kilo. Sekarang Rp 45 ribu," katanya kepada detikFinance, Senin (26/2/2018).

Suminta yang mengambil pasokan dari Pasar Kramatjati mengaku tidak mengetahui mengapa harga bawang putih naik Rp 20 ribu dalam kurun waktu beberapa minggu.

Namun kata Suminta biasanya kenaikan terjadi karena pasokan dari wilayah panen kurang. Melihat curah hujan selama Februari cukup tinggi, Suminta berpendapat jika faktor cuaca yang bisa menjadi faktor dari kenaikan harga bawang putih.

"Karena cuaca. Bukan hanya bawang putih aja yang naik sekarang. Bawang merah juga naik jadi Rp 35 ribu yang tadinya Rp 25 ribu," katanya.

Pedagang lainnya juga mengemukakan hal serupa yaitu Eko yang merupakan Pedagang Rempah Gilingan di Pasar Rawasari. Eko menjelaskan, jika mulai memasuki musim hujan maka berbagai rempah mulai dari cabai, bawang merah dan bawang putih harganya akan naik.

"Kan memang selalu begitu, kalau lagi musim hujan seperti imlek kemarin bikin harga rempah termasuk rawit naik," kata dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed