ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Feb 2018 16:25 WIB

Dua Artis Ini Curhat Pengalaman Bayar Pajak

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Pelaporan pajak untuk profesi artis tak selalu berjalan mulus. Pasalnya, rumah produksi yang mempekerjakan artis kadang lama dalam memberikan bukti potong pajak.

Ferry Salim, salah seorang aktor senior mengatakan, kadang untuk mendapat bukti potong membutuhkan proses yang lama.

"Bukti potong, agak sulit, bukan sulit, misal SPT perorangan saya harus lapor Maret, saya sudah minta akhir Januari. Tolong dong. Itu ngejar bisa sampai sebulan untuk mendapat bukti potong," kata dia di Kelapa Gading Jakarta, Selasa (27/2/2018).


Memang itu tidak terjadi di semua rumah produksi. Dia bilang, ada juga rumah produksi yang memberikan bukti potong cepat.

"Ada yang sangat kooperatif, ada yang kooperatif ada yang nggak. Maksudnya nggak koperatif artinya 'sebentar ya orang finance diurus', kita harus rajin mana nih," ungkapnya.

Artis lain, Sigi Wimala menambahkan, yang membingungkan terkait pajak artis ialah lantaran penghasilannya tidak tetap, sehingga kesulitan melapor SPT.


"Itu menurut aku hal-hal yang harus disosialisasikan. Aku juga bingung gimana pembayarannya, apalagi sekarang orang mulai freelance nggak cuma artis, fotografer, grafis desainer sekarang banyak kerja sendiri. Bagaimana hitungnya, kadang kerjaannya nggak tentu, itu bagaimana isi SPT," tukas dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com