Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Feb 2018 12:48 WIB

Pengumuman! Bikin SIM A Umum Murah Ada di Bandung Pekan Ini

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal kembali menggelar pembuatan SIM A umum murah untuk taksi online. Rencananya pembuatan SIM umum murah itu bakal digelar di Bandung pada akhir pekan ini.

"Ya hari Sabtu (pekan ini) kita ke Bandung untuk SIM Umum subsidi itu," kata Budi Karya saat menghadiri acara lelang barang pejabat di Galeri Nasional, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Budi Karya menjelaskan, pembuatan SIM umum murah di Bandung ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan. Sebelumnya, pembuatan SIM umum murah itu telah digelar di Jakarta dan Surabaya.

Selain Jakarta, Surabaya, dan Bandung, pembuatan SIM umum murah juga bakal digelar di kota-kota lainnya secara bertahap.

"Jadi untuk SIM subsidi itu satu, Jakarta, Surabaya kemarin sudah. Nanti akan Bandung, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan. Dalam waktu satu dua minggu ini," kata Budi Karya.

Untuk di Bandung nanti, Budi Karya mengaku akan menggelar pembuatan subdisi SIM umum sebanyak 200 hingga 300 buah, tak jauh berbeda dengan di kota-kota sebelumnya.

"Bandung mungkin sekitar 200-300. Kalau Surabaya kemarin 200, dan Jakarta 600," tuturnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengadakan pembuatan SIM A Umum kolektif untuk sopir (driver) taksi online maupun konvensional. Biaya untuk pembuatan SIM A Umum ini hanya Rp 100 ribu. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com