Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 01 Mar 2018 09:47 WIB

Ekonomi RI Tembus US$ 1 Triliun, Apa Untungnya?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Indonesia bakal diuntungkan karena memiliki size ekonomi yang besar. Presiden Joko Widodo mengataan saat ini Indonesia menjadi negara dengan ekonomi triliun dolar atau trillion dolar club.

Indonesia masuk sebagai trillion dollar club karena produk domestik bruto (PDB) yang nilainya mencapai lebih dari US$ 1 triliun atau Rp 13.500 triliun dinilai dari kurs Rp 13.500 per US$. Sekarang PDB Indonesia mencapai Rp 13.555 triliun per 2017.


Peneliti dari Institute dor Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan keuntungan atau manfaat yang dirasakan Indonesia adalah akan menjadi negara tujuan investasi.

"Karena ekonomi negara trillion dollar cukup besar sehingga menarik minat para investor," kata Bhima saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Ukuran ekonomi Indonesia yang besar juga didukung dengan jumlah sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Sehingga, banyak investor yang bakal tertarik untuk menanamkan modalnya.

"Ekonominya di-support SDA berlimpah tentu realisasi investasi harusnya bisa lebih optimal," jelas dia.

Alasan lain Indonesia juga didukung dengan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang banyak. Jumlah penduduk Indonesia sebesar 260 juta jiwa.

"Semakin besar PDB per kapita semakin besar daya belinya, investor akan membangun pabrik mendekati pasarnya," kata dia.

"Daya tarik lain adalah jumlah tenaga kerja yang berlimpah, dan reformasi struktural yang sedang dilakukan pemerintah termasuk deregulasi dan aneka insentif fiskal," tutup dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed