Ada Promosi Pakai Hujan Duit, Ini Kata Pakar Marketing

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Kamis, 01 Mar 2018 13:22 WIB
Foto: Zhacky-detikcom
Jakarta - Peristiwa hujan duit di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, kemarin masih ramai diperbincangkan. Aksi tersebut merupakan sebuah kegiatan dalam rangka promosi.

Dalam strategi marketing hal ini sudah tidak asing dilakukan, pasalnya beberapa tahun lalu Pakar Marketing Tung Desem Waringin pernah melakukan hal tersebut dalam rangka promosi bukunya. Lalu apa kata Tung Desem soal hal ini?


Tung Desem menjelaskan, jika dilakukan dalam rangka promosi, masyarakat harus tahu tujuan serta informasi mengenai siapa penebar uang tersebut.

"Kalau itu, dilihat dulu apa tujuannya. Kalau dia sudah melakukan promosi dengan cara menebar uang seperti itu apa mereka memiliki penawaran yang menarik. Kalau mereka nyari sosial (membantu masyarakat) ya dapat," jelas dia kepada detikFinance, Kamis (1/3/2018).

Sebagai informasi peristiwa hujan duit tersebut terjadi sekitar pukul 12.30 WIB kemarin di depan GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. Masyarakat pun berkumpul dan berebut uang yang beterbangan itu.

Tung Desem memastikan bila hal itu dilakukan untuk tujuan promosi, maka pesannya harus benar-benar sampai ke masyarakat.


"Sosial iya dapat, tapi kalau ketenaran belum tentu karena kan karena itu yang nyebar nggak tau siapa. Termasuk harus tau tujuannya apa, kalau nggak ada tujuan, itu mubazir buat apa," papar dia. (zlf/zlf)