Railink Masih Selidiki Penyebab Matinya Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 02 Mar 2018 07:28 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - PT Railink tadi malam langsung melakukan pengecekan terhadap Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang mendadak berhenti saat melaju dari Stasiun Batuceper menuju Cengkareng.

Saat dikonfirmasi pada Kamis (1/3/2018) malam, VP Commercial Passenger Railink Fitri mengatakan pengecekan dilakukan di Dipo Manggarai. Informasi terakhir belum diketahui apa penyebabnya.

"Ya jadi kalau untuk penyebab kami dari teman-teman kami di direktorat sarana itu sedang mengkaji. Jadi untuk keretanya sudah kami kembalikan ke Depo Manggarai untuk kami selidiki, kami kaji penyebabnya kenapa," katanya kepada detikFinance, Kamis (1/3/2018) malam.

Dia memastikan saat kereta baru berangkat dari Stasiun Sudirman Baru alias BNI City belum memberikan tanda-tanda atau indikasi gangguan.

"(Saat awal berangkat) aman. Jadi memang kami ada SOP (standard operating procedure) pada saat sebelum kereta diberangkatkan semua sudah harus ada check-nya. Jadi memang tidak ada tanda-tanda atau apa, tidak ada," ujarnya.

Dia menjelaskan kalau kejadian ini baru pertama kali dialami. Selama dua bulan beroperasi, belum pernah kereta bandara mati di saat mengangkut penumpang.

"Jadi ini kejadian memang baru pertama kali dan mendadak dan hanya di satu trainset ini yang tadi berangkat dari Sudirman 18.51 WIB," terang Fitri.


Tapi dia memastikan kondisi tersebut tidak mengganggu jadwal kereta bandara pada jadwal berikutnya.

"Tidak masalah karena kami bisa pindahkan jalur pada saat di Batuceper," tambahnya.

Seperti diketahui, tadi malam Kereta Bandara Soekarno-Hatta mendadak berhenti saat melaju dari Stasiun Batuceper menuju Cengkareng. Lampu padam dan sistem otomatis kereta ikut mati. Bahkan pintu gerbong terpaksa dibuka petugas secara manual.

(ang/ang)