Follow detikFinance
Jumat, 02 Mar 2018 09:25 WIB

Kereta Bandara Dicek Setiap Hari, Kok Bisa Mati Mendadak?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rizky Foto: Rizky
Jakarta - Kereta Bandara Soekarno-Hatta mendadak berhenti tadi malam. VP Commercial Passenger Railink Fitri mengatakan padahal pihaknya sudah mengecek betul kelaikan kereta mengangkut penumpang.

Dia mengatakan PT Railink selaku operator kereta bandara sudah memiliki standard operating procedure (SOP), bahwa kondisi kereta selalu dicek terlebih dahulu sebelum berangkat.


"Itu yang saya bilang tadi bahwa setiap saat kita berangkat kan ada pengecekan berarti kan maintenance segala macam boleh dibilang harusnya tiap hari karena itu dicek selalu sebelum kita berangkat," ujarnya ketika dihubungi detikfinance, Kamis malam (1/3/2018).

Dia juga mengatakan karena umur kereta bandara masih terbilang muda maka pengecekan rutin bulanan belum dilakukan. Meski begitu, tiap kereta akan beroperasi selalu dipastikan kondisinya.


"Kan kita kereta bandara masih baru ada dua bulan ya, baru berjalan dua bulan. Jadi, maintenance untuk itu kami siapkan setiap, kalau periodik pasti, tapi setiap hari juga karena sudah ada pengecekan itu. Per hari pengecekan pasti ada" jelasnya.

Dia juga mengatakan pengecekan dilakukan secara menyeluruh terhadap kereta bandara yang akan beroperasi. Jadi, kereta yang akan beroperasi setiap hari dipantau kesiapannya.

Dia menambahkan, untuk perawatan sarana dilakukan langsung oleh PT Railink. Sementara untuk prasarana misalnya track kereta dilakukan oleh PT KAI. (zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed