Promosi Pakai Hujan Uang, Efektif atau Tidak?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Jumat, 02 Mar 2018 10:42 WIB
3.

Orang yang Pertama Kali Promosi Dengan Hujan Uang

Promosi Pakai Hujan Uang, Efektif atau Tidak?
Foto: Istimewa (Tung Desem Waringin)

Tung Desem Waringin merupakan orang pertama di Indonesia yang pernah melakukan aksi promosi hujan uang. Tung Desem menebar uang dari langit menggunakan pesawat sebagai langkah promosi bukunya.

Uang receh sebanyak Rp 100 juta ditebar dijatuhkan dari pesawat dan menjadi perhatian warga, langkah tersebut merupakan strategi promosi bukunya berjudul Marketing Revolution. Tung Desem mengatakan ide tersebut lahir karena ia melihat Richard Branson, yang merupakan pendiri dan pemilik grup Virgin Records yang merupakan salah satu miliuner sukses yang terkenal di dunia.

Tung Desem mengatakan, promosi yang dilakukan Richard Branson yang selalu mengundang perhatian banyak orang atau menjadi viral. Dirinya mengaku mendapatkan teori tersebut dan kemudian diaplikasikan dalam bentuk yang berbeda.

Ide tersebut akhirnya dilakukan dengan aksi hujan uang, yang akhirnya untuk mendapat perhatian masyarakat luas dalam salah satu bentuk strategi promosi yang dilakukan untuk menjual bukunya saat itu.

"Dulu bahkan uang yang disebar Rp 100 juta itu punya Gramedia, tapi setelah itu mereka dapat Rp 8 miliar dari penjualan buku (Marketing Revolution). Dengan buku seharga Rp 200 ribu dapat seminar dan dapat CD waktu itu pertama di dunia lho," paparnya.