Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Mar 2018 11:37 WIB

Indikasi Awal Penyebab Kereta Bandara Mati: Masalah Listrik

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang semalam mendadak berhenti saat melaju dari Stasiun Batuceper menuju Cengkareng. Indikasi awalnya karena ada masalah suplai listrik.

"Tadi Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) sudah katakan katanya ngetrip, suplai listrik yang tidak sesuai toleransi kereta bandara," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018).


Dia mengatakan, untuk mengetahui lebih lanjut, pihaknya akan menunggu hasil penelitian. "Ini kita lihat, akan kita evaluasi untuk lakukan perbaikan," ujarnya.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto pun menyampaikan kemungkinan terjadi lost contact yang menyebabkan terjadinya shut down pada pada kereta. Namun kata dia shut down ini merupakan mekanisme otomatis pada kereta ketika ada masalah arus listrik.

"Ngetrip, itu shut down kereta kita, apakah arus melebihi toleransi atau mungkin tidak ada arus," ujarnya.


Maka perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui penyebab hal tersebut. "Akan diteliti lebih lanjut penyebab utamanya apa. Hemat kami ini hanya sistem keamanan yang kerja. Abis itu restart, (aktif kembali)" tambahnya.

Sebelumnya, Railink melaporkan kalau saat kereta bandara berangkat dari Stasiun Sudirman Baru alias BNI City belum memberikan tanda-tanda atau indikasi gangguan.

Perusahaan menjelaskan kalau kejadian ini baru pertama kali dialami. Selama dua bulan beroperasi, belum pernah kereta bandara mati di saat mengangkut penumpang.

Tapi dia memastikan kondisi tersebut tidak mengganggu jadwal kereta bandara pada jadwal berikutnya.

[Gambas:Video 20detik]

(zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed