Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Mar 2018 16:08 WIB

Butuh Sampai 14 VGA untuk Menambang Bitcoin

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
VGA yang digunakan untuk menambang bitcoin (Foto: Achmad Dwi Afriyadi) VGA yang digunakan untuk menambang bitcoin (Foto: Achmad Dwi Afriyadi)
Jakarta - Peminat mata uang virtual seperti Bitcoin semakin banyak. Salah satu imbasnya adalah maraknya penjualan perangkat Video Graphics Accelerator (VGA).

VGA sebenarnya berfungsi untuk mengolah data grafis pada layar monitor. Namun, bagi para penambang, VGA merupakan perangkat penting untuk memecahkan algoritma blokchain bitcoin. Dengan kata lain, VGA merupakan komponen penting untuk menambang bitcoin.

Yusyar Hilmi, pemilik toko YE Computer di Mangga Dua Mall mengatakan, VGA yang diperlukan untuk satu perangkat tambang bitcoion dibutuhkan minimal antara 3 hingga 6 VGA.

"Peminatnya tinggi mainan Bitcoin. Bitcoin minimal 6 VGA. Satu komputer Bitcoin, minimal 3-6 VGA," kata dia kepada detikFinance, di Jakarta, Jumat (2/3/2018).

VGA yang digunakan untuk menambang bitcoinVGA yang digunakan untuk menambang bitcoin Foto: Achmad Dwi Afriyadi

Bahkan, dia mengatakan, untuk mempercepat mendapat bitcoin, ada yang menggunakan sampai 14 unit VGA untuk satu rangkaian perangkat tambang.

"Bisa itu digabung, bahkan 1 PC sampai 12-14 VGA," kata dia.


Maraknya minat untuk mendapat Bitcoin membuat VGA langkah di pasaran. Selain itu, yang membuat VGA langka ialah minimnya pasokan dari distributor.

"Pertama barangnya limit dari luarnya. Selain itu dimanfaatkan distributor, bundling, misal VGA 1 main board 5, kebanyakan kaya gitu," tutup dia.

VGA yang digunakan untuk menambang bitcoinVGA yang digunakan untuk menambang bitcoin Foto: Achmad Dwi Afriyadi
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com