Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Mar 2018 17:10 WIB

Ada Mobil Listrik 'Formula 1' di Kantor Luhut, Punya Siapa?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance
Jakarta - Ada pemandangan menarik di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat. Di lobi kantor Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan itu, terparkir sebuah kendaraan mobil listrik yang menyerupai mobil balap formula satu.

Mobil tersebut berwarna biru dan hitam yang berukuran kecil. Mobil yang hanya memiliki satu kursi untuk pengemudi itu bertuliskan Universitas Islam Indonesia (UII) di bagian depannya.

Di bagian depan juga tertulis beberapa jurusan yang menggarap mobil tersebut, yaitu Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika. Selain itu, ada juga beberapa nama yang terpampang di mobil seperti Buana Karya Engineering Bio-Instrument Automation, Elbaba, dan M Carbon Indonesia.


Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Atmaji Soemarkidjo menjelaskan bahwa mobil listrik tersebut ialah besutan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Mobil pemberian dari UII Yogyakarta.

"Itu mobil listrik dari UII," kata Atmaji kepada detikFinance saat dikonfirmasi, Senin (5/3/2018).

Atmaji mengungkapkan, UII memberikan mobil itu sebagai tanda terima kasih karena pemerintah saat ini fokus untuk mendorong pengembangan mobil listrik. Dia bilang, mobil tersebut diletakkan di sana untuk dipamerkan.


"Itu sebagai tanda terimakasih bahwa kita memperhatikan mobil listrik. Itu hanya dipamerin, kan itu masih prototype," kata Atmaji.

Saat dikonfirmasi apakah pemerintah akan mendorong pengembangan mobil listrik besutan UII tersebut, Atmaji mengaku belum mengetahuinya.

"Belum tau ada lanjutannya, itu kita pajang saja menarik soalnya. Belum ada pembicaraan untuk dikembangkan," tutur Atmaji. (zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed