Follow detikFinance
Jumat, 09 Mar 2018 13:12 WIB

IKEA Mau Buka Gerai di Cakung, Anies: Pekerja Utamakan Warga DKI

Mochamad Zhacky - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog di Balai Kota, hari ini. Pertemuan itu membahas pembangunan toko IKEA di Cakung, Jakarta Timur.

Pertemuan dengan Johanna digelar di ruang tamu Pendopo, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018), sekitar pukul 08.00 WIB. Kepada Johanna, Anies membahas soal tenaga kerja.

"Saya garisbawahi pada mereka bahwa nomor satu taat pada seluruh aturan ketentuan, semuanya ditaati. Kedua, tenaga kerja. Pastikan bahwa tenaga kerjanya adalah tenaga kerja dari Indonesia dan utamakan warga Jakarta," kata Anies saat dimintai konfirmasi di Gedung Rumah Jabatan Anggota DPR, Kalibata, Jakarta Selatan, siang tadi.

Anies menuturkan pembangunan toko IKEA di Cakung itu bisa menyerap ribuan tenaga kerja, begitu pula setelah tokonya beroperasi. Mantan Mendikbud itu ingin pihak IKEA memperkerjakan warga Jakarta yang tinggal di sekitar lokasi toko.

"Karena selama proses konstruksi akan dibutuhkan lebih dari 1.400 orang dan nanti sesudah beroperasi akan lebih dari 400 orang. Saya diskusikan dengan mereka bahwa apabila tenaga kerja yang terlibat kerja dari sekitar lokasi atau dari Jakarta, maka apapun kegiatan usahanya maka menjadi bagian dari masyarakat dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya," papar Anies.


Selain membahas pembangunan toko IKEA, Anies dan Johanna juga berdiskusi mengenai rencana kerja sama Pemprov DKI dengan negara Nordik seperti Swedia, Denmark dan Norwegia. Kerja sama yang akan dijalin antara lain mencakup bidang infrastruktur dan pendidikan.

"Nordik itu terdiri dari Swedia, Denmark, Finlandia, dan Norwegia. Empat negara ini akan mengunjungi Jakarta tanggal 26 April dan dalam pertemuan itu kita akan bahas aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk Jakarta. Aspek infrastuktur, aspek pendidikan, aspek kesejahteraan keluarga, dan ada beberapa aspek lain," terang Anies.

[Gambas:Video 20detik]


Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP DKI Jakarta Edy Junaedi sebelumnya mengatakan pembangunan toko IKEA akan membantu target investasi di Jakarta sebesar Rp 1.000 triliun. Kata dia, pembangunannya direncanakan tahun ini.

"Mereka minta waktu ketemu dengan pak gubernur, mungkin dua-tiga bulan sudah bisa groundbreaking. Tadi sudah disampaikan. Mereka belum punya pengalaman di Jakarta dalam skala besar," jelas Edy. (zak/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed