Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 10 Mar 2018 11:17 WIB

Perjalanan Bos Amazon Salip Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Peringkat pertama orang terkaya dunia kini ditempati oleh Jeff Bezos. Pendiri toko online dunia, Amazon, itu berhasil menggeser takhta Bill Gates dengan kekayaan US$ 112 miliar atau Rp 1.512 triliun.

Menjadi pemegang gelar orang terkaya di dunia tak serta merta didapat Jeff Bezos. Pria kelahiran 1964 itu telah merintis Amazon lebih dari 20 tahun yang lalu. Nilai kekayaan Jeff Bezos pun sempat mengalami perubahan dari waktu ke waktu hingga menjadi orang terkaya di dunia.

Pada tahun 2016 lalu, Jeff Bezos juga menduduki peringkat orang terkaya ketiga versi Forbes seperti dikutip detikFinance, Sabtu (10/3/2018). Saat itu, Forbes melansir kekayaan Bezos melonjak tajam seiring meningkatnya harga saham Amazon.


Kekayaan Bezos saat itu berada di angka US$ 66,5 miliar. Nilai kekayaan Bezos tersebut mengalahkan Warren Buffet yang merupakan investor top dunia. Selisihnya cukup besar hingga US$ 1,5 miliar. Bezos pun bertengger di posisi ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia.

Saat itu, nama Bill Gates sendiri masih berada di posisi puncak dengan harta kekayaan mencapai US$ 77,7 miliar. Posisi kedua adalah pendiri Zara, Amancio Ortega dengan kekayaan US$ 72,7 miliar. Setelah Bezos dan Buffet, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg berada di posisi kelima dengan kekayaan 54 miliar dolar.


Di tahun berikutnya, yakni 2017, kekayaan Jeff Bezos terus mengalami peningkatan. Lonjakan saham Amazon membuat kekayaan Bezos mencapai US$ 91,4 miliar. Nilai kekayaan itu sempat mengalahkan Bill Gates dalam beberapa waktu.


Jeff Bezos sempat menduduki peringkat orang terkaya dunia pada 2017 dan menggeser peringkat Bill Gates dalam beberapa saat. Tapi saat saham Amazon turun, Bill Gates kembali berada di posisi teratas.

Hingga akhirnya pada 2018 Kekayaan Bezos melonjak setelah saham Amazon lompat 59% dalam 12 bulan. Alhasil, kekayaan pria yang terkenal dengan kepala plontos itu naik US$ 39,2 miliar atau sekitar atau sekitar Rp 529,2 triliun dalam setahun sepanjang 2017.

Peningkatan itu merupakan kenaikan paling tinggi sejak Forbes mulai merilis daftar orang-orang terkaya sejak 1987. Jeff Bezos menjadi orang pertama yang punya kekayaan lebih dari US$ 100 miliar. Ini juga sekaligus menggeser posisi dari pendiri Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia selama 4 tahun berturut-turut. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed