Follow detikFinance
Sabtu, 10 Mar 2018 14:17 WIB

Melihat Kenakalan Bos Amazon Hingga Jadi Orang Terkaya Dunia

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Nama Jeff Bezos kini menempati posisi pertama sebagai orang terkaya dunia versi Forbes. Pendiri Amazon.com itu berhasil menggeser posisi bos Microsoft Bill Gates.

Namun tahukah Anda, di balik kesuksesannya membawa Amazon menjadi perusahaan besar hingga membuat dirinya sebagai orang terkaya dunia ini Jeff Bezos memiliki beberapa kenakalan ketika masih remaja?

Siapa sangka, justru karena kenakalan tersebutlah Jeff Bezos akhirnya berhasil mendapatkan keberhasilan besar dalam hidupnya hingga memiliki nilai kekayaan mencapai US$ 112 miliar atau Rp 1.512 triliun seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (10/3/2018).


Pria yang lahir pada 1964, kerap menghabiskan masa kecilnya bersama keluarga sederhana. Yang menarik adalah untuk ukuran anak kecil, Bezos memang bisa dibilang cukup aktif dan cenderung jahil. Hal tersebut tampak dari beberapa kebiasaannya yang suka mengotak-atik perangkat elektronik di rumahnya.

Pada masa itu teknologi memang belum begitu berkembang. Perangkat teknologi yang ada mungkin sederhana seperti televisi, radio dan mesin alarm rumahnya. Namun hal tersebut tidak menyurutkan ketertarikan Jeff terhadap dunia teknologi.

Pada suatu hari dia pernah membongkar alarm rumahnya untuk mengetahui seperti apa cara kerja alat tersebut. Namun karena tidak terlalu tahu, akhirnya setelah membongkar ia tidak bisa mengembalikan perangkat alarm tersebut pada kondisi semula.

Efeknya, sang Ibu marah besar dan seringkali menasehati Jeff akan kenakalannya tersebut. Memang cukup unik kebiasaan yang dilakukan oleh Jeff dalam menyalurkan ketertarikan terhadap dunia teknologi.


Hal tersebut berlanjut ketika ia memasuki jenjang pendidikan tinggi di Miami Palmetto Senior High School. Pada saat itu, Jeff Bezos seperti menemukan tempat untuk mengembangkan bakat, ia banyak bertemu dengan teman-teman yang mempunyai minat sejenis dengan dirinya yakni di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dari situ ia juga bergabung dengan Student Science Training Program besutan Universitas Florida. Pengalaman dengan dunia teknologi semakin bertambah ketika Jeff masuk ke Universitas Princeton untuk jurusan fisika.

Namun kenakalan Jeff Bezos ternyata belum berhenti. Belum lama menjalani pelajaran di jurusan fisika, dirinya justru mengaku tidak betah dan ingin berpindah jurusan. Padahal pada waktu itu, ia sudah cukup banyak menghabiskan waktu dan uang untuk pendidikannya.

Namun apa mau dikata ia akhirnya tetap berpindah jurusan. Dan jurusan menjadi persinggahan berikutnya bagi Jeff Bezos adalah ilmu komputer. Setelah beberapa waktu menjalani pendidikan, Jeff merasa bahwa jurusan komputer adalah impian yang benar-benar menjadikan kenyataan.

Dia berkembang dengan sangat cepat dan mengemban posisi strategi sebagai presiden Program Pengembangan Mahasiswa. Keputusannya untuk kekeuh dalam pindah jurusan itu ternyata membuatnya jadi orang sukses seperti sekarang.

Sepanjang tahun 2017 lonjakan harta yang dialami oleh Jeff Bezos mengalami kenaikan mencapai US$ 39,2 miliar atau sekitar Rp 529,2. Lonjakan harta itu menjadikan Jeff Bezos orang terkaya di dunia dengan harta US$ 112 miliar (Rp 1.512 triliun).




(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed