Follow detikFinance
Minggu, 11 Mar 2018 19:29 WIB

Begini Cara RI Majukan Kopi Lokal

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Pengurus Dewan Kopi Indonesia berfoto bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Mentan Amran Sulaiman (Dok. MPR) Foto: Pengurus Dewan Kopi Indonesia berfoto bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Mentan Amran Sulaiman (Dok. MPR)
Jakarta - Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) resmi dibentuk dengan tujuan untuk memajukan kopi lokal. Dekopi dikukuhkan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Acara peresmian dilakukan di Tangerang Selatan, Minggu (11/3/2018).

Mantan Menteri Pertanian periode 2004-2009 Anton Apriyantono dinobatkan sebagai Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia periode 2018-2022.

Dibentuknya Dewan Kopi Indonesia sebagai wadah bagi kelompok pengusaha kopi di Tanah Air yang ditujukan untuk menjembatani antara pemerintah dengan swasta hingga petani.

"Yang diamanatkan kepada kami pada intinya menjadi menjadi partner yang baik bagi pemerintah maupun usaha perkopian," ungkap Anton saat memberikan sambutannya.

Anton menyatakan, sudah saatnya mengembalikan kejayaan perkopian Indonesia yang kini disalip oleh Vietnam. Selain itu yang menjadi perhatiannya adalah soal kesejahteraan petani di bidang perkopian.

Sementara itu Amran meminta kepada Anton agar melaksanakan tugas dengan sebaiknya.

"Pak Anton tolong laksanakan dengan baik. Katanya Bapak mau ciptakan 5 juta ton, lakukan itu sebagai amal jariyah dan juga sebagai ketua umum. (Bapak melakukannya sebagai ketua umum), saya keduluan," canda Amran kepada Anton.

Selain mengukuhkan Anton sebagai Ketua Dewan Kopi Indonesia, pada acara tersebut disalurkan usulan Hari Kopi Indonesia setiap tanggal 11 Maret. Hadir juga dalam acara tersebut Ketua MPR Zulkifli Hasan. Zulkifli dinobatkan sebagai Bapak Pencinta Kopi Indonesia.

"Kalau ngomong soal kopi saya tidak bisa lepas dari kopi. Ke Jakarta karena kopi. Keluarga saya termasuk petani kopi, cengkeh, lada dan damar tahun 60-an. Masa kecil saya juga diajari ibu depan rumah. Di kampung itu sistem tukar. Jadi kalau saya jualan es mambo ditukarnya kopi," ungkap Zulkifli mengenang masa lalunya.

Kopi Indonesia, lanjut Zulkifli, sudah menjadi komoditas unggul Indonesia yang menarik pedagang pedagang Eropa datang ke Indonesia

"Orang Eropa rela datang jauh jauh demi komoditas unggulan kita cengkeh, lada, pala, rempah rempah dan juga kopi. Artinya ini pengakuan kopi Indonesia itu salah satu yang terbaik," kata Zulkifli.

Sebagai pencinta kopi lokal, pria yang akrab disapa Zulhasan ini mengajak petani, pengambil kebijakan, pengusaha sampai eksportir untuk kembalikan masa kejayaan kopi Indonesia

"Kopi adalah keunggulan komparatif bangsa ini yang tak dimiliki negara lain. Ketika negara lain proteksi dan prioritaskan produk dalam negerinya, Indonesia harusnya juga berani. Itu cara kembalikan kejayaan kopi Indonesia di pasar dunia," tegasnya

Zulhasan juga mengucapkan selamat untuk kepengurusan Dewan Kopi Indonesia yang baru dilantik dengan ketua mantan menteri pertanian Anton Apriyantono

"Semakin banyak yang terlibat semakin baik supaya gotong royong majukan industri kopi nasional. Selamat untuk pengurus Dewan Kopi," tutupnya. (nwy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed