Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Mar 2018 14:12 WIB

Laporan dari Boston

Susi Ajak John Kerry ke Bali Oktober Nanti

Ari Saputra - detikFinance
Foto: Ari Saputra/detikFoto Foto: Ari Saputra/detikFoto
Boston - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu eks Menlu AS, John Kerry dalam kunjungan kerja di Boston, Amerika Serikat (AS). Dalam kesempatan itu, Susi bertukar pandangan terkait masa depan laut dan dunia perikanan yang berkelanjutan.

Pertemuan Kerry dan Susi yang berlangsung sekitar 15 menit berjalan hangat dan saling memberi dukungan.

"Kami sudah melakukan apa yang kami bisa untuk laut, sustainable," kata Susi dalam pertemuan dengan John Kerry di Hotel Westin, Boston, AS, Minggu (11/3/2018) waktu setempat.

Usaha yang dimaksud yang sejumlah kebijakan, peraturan hingga tindakan tegas penenggalaman kapal yang belakangan menuai kiritik dari dalam lingkaran pemerintah.

Sebaliknya, John Kerry menyebut usaha tersebut tidak boleh berhenti. Ia mencontohkan bagaimana AS memerangi kejahatan di laut seperti pencurian ikan sampai moratorium hingga 10 tahun.


"Kerry selalu memberikan apresiasi dan kehangatan. Dan juga keoptimisan. Beliau selalu optimistis sama seperti Mr Obama selalu go ahead, move foward, hanging there. Itu selalu bahasanya ke saya begitu. Kalau saya mengeluh capek, dia biasanya hanging there, you're doing the right thing, move foward, and keep going. Itu selalu," tandas Susi seusai pertemuan.

Selain itu, Susi langsung menodong John Kerry ikut memberi dukungan kepadanya mensukseskan agenda Our Ocean Confrence di Bali, akhir Oktober tahun ini. Pertemuan itu bakal mengangkat sejumlah isu penting di lingkup global dan bakal dihadiri tidak kurang dari 75 pemimpin negara-negara.

[Gambas:Video 20detik]


"Dengan Kerry untuk bersama-sama, untuk support kita yang paling besar. Dan juga ikut mengundang. Kalau dalam acara hajatan itu bahasanya ikut mengundang, turut mengundang. Saya memohon beliau untuk meyakinkan pemimpin besar dunia, untuk berkenan hadir ke Our Ocean Confrence," pungkas Susi.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed