Follow detikFinance
Senin, 12 Mar 2018 16:05 WIB

Sosialita Turki Kecelakaan Jet di Iran, Berapa Harga Jetnya?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Sebuah pesawat pribadi Turki yang membawa 11 orang jatuh di Iran. Pesawat itu membawa putri seorang pengusaha dan teman-temannya dari sebuah perayaan di Uni Emirat Arab (UEA).

Laporan media di Turki mengatakan 8 penumpang tersebut ialah Mina Basaran, putri seorang pengusaha terkemuka Turki dan 7 temannya yang telah menghabiskan hari-hari terakhir di UAE untuk merayakan pernikahannya.

Laporan dari harian Hurriyet dan beberapa saluran TV Turki, mengatakan pesawat pribadi yang ditumpangi ialah jenis Bombardier Challenger 604. Pesawat ini milik ayah Meni, Huseyin yang merupakan bos Basaran Holding.


Dikutip detikFinance dari bjtonline.com, pesawat Bombardier Challenger 604 dipasarkan dengan harga US$ 27 atau sekitar Rp 364 miliar dengan kurs Rp 13.500. Sedangkan harga bekasnya sebesar US$ 4,2 juta atau sekitar Rp 56 miliar.


Pesawat jet pribadi ini pun ramai dijual online dalam keadaan sudah pernah dipakai. Namun, penampilan atau performanya masih apik.

Pesawat jet pribadi ini mampu mengangkut hingga 11 orang dengan rincian dua orang kru dan sembilan penumpang. Pesawat ini mampu melesat hingga 904 km per jam dengan jarak tempuh 6.045 km dengan kemampuan angkut saat take off 21.863 kg.

Pesawat ini juga dilengkapi dua mesin di sisi kiri dan kanannya yang diproduksi oleh General Electric (GE).


Perusahaan Basaran Holding yang bermarkas di Istanbul aktif di bidang energi, konstruksi, dan pariwisata. Basaran Holding juga punya bisnis hotel.

Laporan dari Turki mengatakan Mina Basaran (28) telah menjadi anggota dewan perusahaan ayahnya pada 2013.

(ara/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed