Follow detikFinance
Selasa, 13 Mar 2018 10:47 WIB

Ini Janji Sri Mulyani pada Wajib Pajak Tajir

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan hari ini memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 31 wajib pajak (WP) besar baik perorangan maupun lembaga. Mereka dianggap telah berkontribusi besar dan patuh terhadap peraturan perpajakan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memberikan langsung penghargaan tersebut memberikan pesan. Mereka yang dipangil orang tajir oleh Sri Mulyani itu diminta untuk tetap menempatkan dananya di dalam negeri.

"Mereka yang tajir, karena orang kaya pasti banyak dananya. Tolong agar surplus usahanya jangan dimasuKkan dalam sekuritas apalagi di luar negeri. Tanamkan di sini," tuturnya di Kanwil Ditjen Pajak WP Besar Sudirman, Jakarta, Selasa (13/3/2018).



Sri Mulyani mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan insentif bagi WP besar yang patuh pajak. Insentif yang disiapkan berupa tax holiday dan tax allowance yang akan disesuaikan berdasarkan nilai investasi

"Presiden minta kami selesaikan kebijakan insentif investasi sebelum April. Termasuk tax holiday satu rate 100% pasti dapat jangka waktu berdasarkan jumlah investasi Anda. Kalau di atas Rp 30 triliun bisa di atas 20 tahun," terangnya.

Pada 2017, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP WP Besar mencapai Rp 361,84 triliun. Di tahun ini ditargetkan mencapai Rp 432,37 triliun atau naik 19,54%. Target tersebut juga mencapai 30,33% dari target nasional yang ditetapkan tahun ini sebesar Rp 1.424 triliun.



"Kontribusi bagi WP sangat signifikan bagi penerimaan negara. Bayar pajak bukan kewajiban yang menyenangkan. Kalau disuruh bayar pajak pasti berat. Itu tidak hanya swasta BUMN juga gitu. Kalau ada kerjasama yang baik maka bisa melakukan hubungan yang baik," katanya. (zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed