Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Mar 2018 10:23 WIB

Jaksa Agung dan Pimpinan KPK Merapat ke Kemenkeu, Ada Apa?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma (detikFinance) Foto: Hendra Kusuma (detikFinance)
Jakarta - Jaksa Agung Muhammad Prasetyo dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyambangi kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kedua pejabat tersebut datang sekitar pukul 09.00 WIB. Keduanya juga langsung menuju ruang mezzanine, gedung Djuanda I yang sudah ditunggu oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kehadirannya tersebut dalam rangka kerja sama pelaksanaan lelang barang sitaan negara.

"Kita akan menyelenggarakan berupa penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Keuangan dengan Jaksa Agung, dan nota kesepahaman antara Menteri Keuangan dengan Ketua KPK," kata Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatawarta di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Isa menceritakan pelaksanaan lelang yang baru diselesaikan adalah mengenai lelang sukarela yang merupakan barang pejabat negara mulai dari Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufida Jusuf Kalla, Ibu Iriana Joko Widodo, beberapa menteri kabinet kerja, dan pejabat negara lainnya.

"Pada 28 Februari 2018, Hasil dari lelang sukarela Rp 236 juta dan atas izin persetujuan pemilik barang akan disumbangkan ke yayasan amal pendidikan," tambah dia.

Agar pelaksanaan barang-barang lelang terutama yang berasal dari sitaan negara berjalan lancar, maka perlu adanya kerja sama antara Kementerian Keuangan, Kejaksaan Agung, dan KPK.

"Selain itu kita akan sosialisasi bersama mengenai PMK Nomor 13 Tahun 2018 tentang lelang barang sitaan, yang merupakan satu rangkaian peraturan lain yang diterbitkan Jaksa Agung," ujar dia.

Penandatanganan kerja sama ini, kata Isa, juga untuk memastikan kelancaran pelaksanaan barang lelang dan penyelesaian hukum, mulai dari intimidasi, gugatan tata usaha, sampai laporan pidana.

"Untuk meminimalisir itu pada kesempatan ini dapat ditandatangani nota kesepahaman," tutup dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed