Follow detikFinance
Kamis, 15 Mar 2018 15:15 WIB

Sistem Pemantau Taksi Online Rampung Minggu Depan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan segera menyelesaikan layanan dashboard transportasi online. Targetnya layanan tersebut selesai pekan depan.

Sebagai informasi, dashboard adalah sistem yang menampilkan taksi online yang aktif beroperasi di suatu kota dan semua data bisa disajikan secara real time.

"Insya Allah minggu depan sudah selesai aplikasinya ya. Tinggal nanti teman-teman yang punya aplikasi mengumpulkan data itu dari mitranya, karena kan yang punya izin transportasi dari dinas itu adalah mitranya penyelenggara aplikasi," kata Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Kamis (15/3/2018).


Rudiantara menjelaskan sebenarnya dashboard ini telah selesai dibuat, namun belum begitu lengkap. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ingin agar dashboard tersebut dilengkapi dengan identitas pengemudi, jumlah pasti pengemudi secara real time, serta beberapa hal lainnya.

"(Layanan) Aplikasinya sedang ditambah, tadinya kan hanya beberapa item saja, tapi ada permintaan untuk menambah contohnya dari sisi misalkan nomor mobil, terus identitas pengemudinya, ditambah lebih banyak lagi," jelas dia.


Menurutnya, saat dashboard tersebut selesai dilengkapi, nantinya kebijakan pengawasan akan dilakukan oleh Kemenhub. Rudiantara mengatakan, pihanya hanya akan kembali terlibat apabila Kemenhub membutuhkan support teknologi informasi dalam melakukan pengawasan.

"Ya nanti mereka yang mengawasi, tugas saya membantu menyediakan alat dalam bentuk dashboard. Yang punya kebijakan mereka," tuturnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed