Follow detikFinance
Senin, 19 Mar 2018 07:36 WIB

Sulit Naik Jabatan? Mungkin Ini Penyebabnya

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Apakah Anda mau naik jabatan atau promosi? Tentu jawabannya sudah pasti "ya" karena naik jabatan adalah impian semua pekerja di dunia profesional.

Tapi pada nyatanya masih banyak pekerja di luar sana yang masih sulit untuk naik jabatan. Hal ini tentu sangat memprihatinkan terlebih para pekerja tersebut sudah menjalani masa bekerja yang cukup lama.

Ada beberapa orang yang menyalahkan pihak perusahaan yang dinilai kurang peka terhadap kinerja sang karyawan. Begitu juga sebaliknya pihak perusahaan menilai bahwa karyawannya belum pantas untuk naik jabatan karena sifat-sifat buruk yang ada di dalam diri karyawannya.

Daripada saling menyalahkan satu sama lain ada baiknya jika Anda mengintrospeksi diri Anda terlebih dahulu. Lalu apa saja yang harus Anda perhatikan?

Berikut ini adalah sifat-sifat yang membuat Anda tidak mendapatkan kenaikan jabatan atau promosi.

1. Egois
Dalam pekerjaan, sifat yang harus dihilangkan adalah ke-egoisan. untuk menjadi seorang leader yang baik di dalam suatu tim atau bisnis Anda harus bisa mengorbankan waktu dan tenaga, jika tidak bisa memenuhi kebutuhan tim cobalah menginstrospeksikan diri sendiri. Seorang leader dalam pekerjaan harus memiliki kondisi yang kuat dan juga bersikap dewasa

2. Tidak Dewasa
Sifat ini juga tidak baik untuk para pemimpin karena jika pemimpinnya tidak dewasa maka para pekerjanya juga menjadi tidak dewasa. pemimpin harus bisa menempatkan posisinya sebagai panutan dalam pekerjaan, bukan untuk teman main yang dapat membuat pekerjaannya berantakan.

Sebagai seorang pemimpin di dalam tim atau pekerjaan, pemimpin harus peduli terhadap pekerjanya, di lain sisi pemimpin harus tahu kapan pekerjanya harus menjadi teman atau rekan kerja agar para pekerjanya tetap bertanggunjawab.

3. Tidak Optimistis Dalam Perusahaan
Kalau benci dengan perusahaan tertentu jangan sebarkan yang jelek kepada rekan kerja, team, dan orang lain. Hal tersebut dapat menyebabkan suasana yang tidak enak di lingkungan perusahaan tersebut.

Kalau Anda tidak suka terhadap sesuatu di dalam perusahaan tersebut, berkreativitaslah. Anda bisa menyumbangkan ide-ide atau inovasi kepada pekerjamu. seorang pemimpin tidak menunggu seseorang menawarkan ide atau inovasi, tetapi melakukan riset, berdiskusi, bertukar pikiran kepada pekerjanya dan merealisasikannya.

4. Gagal Fokus
Pemimpin yang tidak bisa menjaga fokusnya berisiko melukai perusahaan. Apapun yang terjadi, pemimpin maupun anggota tim dalam pekerjaan harus tetap fokus pada pekerjaan yang dijalani.

Pegawai yang dipromosikan harus memasang tujuan secara berkala pada diri mereka sendiri yang sejalan dengan tujuan perusahaan. Tetap fokus dalam jangka panjang adalah hal yang menggerakkan bisnis dan membuat pegawai bahagia.


Berikut adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi gagalnya Anda mendapatkan kepercayaan untuk naik jabatan. Mulailah bijaksana dalam bertindak, introspeksi diri untuk sebuah perubahan dan perbaikan untuk masa depan cerah. Semoga Bermanfaat.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018 ini? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai? Download Sekarang Juga Rangkuman Financial Revolution 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed