Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Mar 2018 14:00 WIB

Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ini Tips dari Orang Terkaya RI

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Tahir. Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Tahir. Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Menjadi seorang pengusaha yang sukses tak mudah dilakukan. Hal itu lah dirasakan oleh Dato Sri Tahir yang merupakan bos Mayapada Group.

Menurut orang terkaya Indonesia nomor 4 versi Majalah Forbes ini, setiap orang harus memiliki mimpi yang tinggi dalam hidup agar bisa menjadi sukses. Tentu mimpi tersebut harus dicapai dengan belajar serta kerja keras.

"Kita ini harus punya mimpi, untuk mimpi itu kita hidup. Tapi mimpi itu tidak bisa tunggu di rumah, kita harus kerja keras, cari kesempatan," kata Tahir saat berbincang dengan detikFinance di kantornya pekan lalu.

Tahir mengatakan kunci kesuksesan tersebut datang dari diri sendiri. Kerja keras dan menata hidup secara teratur menjadi kunci dari kesuksesan tersebut. Hal itu pun terus dijalani Tahir hingga menjadi orang terkaya Indonesia saat ini.


"Saya sekarang umur 66 tahun, kalau dibilang saya termasuk ada sedikit kesuksesan. Itu sampai hari ini, saya bangun jam 05.30 pagi, saya kantor jam delapan sudah di kantor. Saya pulang jam enam sore. Saya malam tidak hangout, tidak keluar, tidak makan-makan di restoran, karaoke, merumpi sana-sini seperti kebanyakan orang," cerita Tahir.

Menurutnya, waktu merupakan hal berharga yang harus dimanfaatkan dengan baik. Tahir bilang, dengan terus memperdalam ilmu niscaya menjadi bekal setiap orang untuk bisa sukses dalam berusaha.

"Saya itu pulang, baca koran, nonton televisi, saya memperdalam saya punya pengetahuan. Hidup teratur dan sehat. Cari ilmu, kerja keras sampai kapan pun. Sampai sekarang saja, saya sekarang murid S3 Universitas Gajah Mada di UGM," tuturnya.

Simak wawancara lengkap detikFinance dengan Tahir di sini:
(fdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed