Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Mar 2018 11:45 WIB

Transportasi Berbasis Kereta Harus Banyak Serap Komponen IKM Lokal

Trio Hamdani - detikFinance
Konferensi Kereta Api Nasional 2018 di Jakarta Internasional Expo. Foto: Trio Hamdani Konferensi Kereta Api Nasional 2018 di Jakarta Internasional Expo. Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Pemerintah tengah mendorong pembangunan moda transportasi massal di sektor perkeretaapian, mulai dari LRT, MRT, hingga kereta cepat. Hal ini diharapkan berefek positif terhadap industri kecil menengah (IKM) di sektor perkeretaapian.

Staf Ahli Menteri Bidang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Kementerian Perindustrian Imam Haryono menyampaikan pihaknya meminta agar tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk perkeretaapian bisa ditingkatkan. Caranya dengan melibatkan IKM.

"Pada tahun 2016 Kementerian Perindustrian meresmikan asosiasi manufaktur dan penunjang perkeretaapian. Ada logam, karet, di situ ada INKA sebagai integrator," katanya dalam acara Konferensi Kereta Api Nasional 2018 di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Jakarta, Kamis (22/3/2018).

"Asosiasi ini diresmikan di 2016 diharapkan mampu mendukung komponen industri dalam negeri, membantu rantai pasok, LRT Jabodebek, dan proyek lain," sambung Haryono.

Dengan dukungan dari IKM di sektor perkeretaapian ini, diharapkan penyediaan kebutuhan untuk kereta bisa lebih banyak menyerap produk dari dalam negeri, mulai dari rangka hingga body kereta. Dengan demikian IKM ini bisa lebih kuat dan menghasilkan komponen yang semakin berkualitas.

"Saat ini industri penunjang komponen dalam negeri mampu menunjang 70% kebutuhan industri kereta api Indonesia. Diharapkan akan mampu lebih menguatkan IKM dan melahirkan komponen berkualitas," jelasnya.

PT INKA sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang memproduksi kereta api diharapkan juga bisa lebih merangkul IKM perkeretaapian. Harapannya dalam 2 tahun ke depan lebih banyak komponen dalam negeri yang diserap.

"Diharapkan 2 tahun ke depan mampu 80% dari total kebutuhan komponen dalam negeri. Kita harap INKA mampu lebih membuka diri ke IKM dalam pembuatan komponen kereta api," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed