Follow detikFinance
Kamis, 22 Mar 2018 21:30 WIB

Kurangi Kepadatan Priok, Bongkar Muat Mau Dalihkan ke Cilegon

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah akan mengalihkan sebagian kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok ke pelabuhan di Cilegon, Banten. Langkah ini diambil untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Baru akan membuka. Di Merak Mas kalau nggak salah untuk membantu atau mengurangi kepadatan di Tanjung Priok," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, kepada detikFinance, Kamis (21/3/2018).


Selain kepadatan, langkah tersebut juga untuk mengurangi dwell time alias waktu bongkar muat barang hingga keluar pelabuhan,

"Ya kan kita tahu dwelling time tinggi karena padatnya pengiriman melalui Tanjung Priok maka dibuka di Cilegon akan mengurangi di Tanjung Priok membantu lah," imbuhnya.


Oke menambahkan, rencana pengalihan sebagian kegiatan bongkar muat ke pelabuhan di Cilegon tinggal menunggu pengesahan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita

"Secepatnya. Ini sudah proses ini sudah selesai dari biro hukum telaahnya tinggal ditandatangani Pak Menteri. Pokoknya secepetnya," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed